Selasa, 16 April 2024

Raih Doktor, Teliti Parameter Kekuatan Geser Tanah

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Hutagamissufardal ST MT, saat sidang Doktoral di ITS Surabaya. Foto: Humas ITS Surabaya

Pengujian parameter kekuatan geser tanah di laboratorium saat ini masih sebatas uji pada tanah yang utuh atau belum rusak serta tidak melibatkan tekanan air yang bekerja secara independen.

Melalui penelitian dalam disertasinya, Hutagamissufardal ST MT mencoba menjawab keterbatasan tersebut. Solusi dari hasil penelitiannya tersebut dipresentasikan dalam sidang doktor di Ruang Sidang Departemen Teknik Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Rabu (28/2/2018).

Dalam sidang terbuka promosi doktor yang dipimpin oleh Prof Dr Ir I Gusti Putu Raka tersebut, promovendus yang akrab disapa Agam ini menjelaskan bahwa fenomena tanah longsor saat ini belum bisa diketahui secara pasti.

Sehingga sebagian masyarakat menduga bahwa yang menjadi penyebab longsor adalah intensitas curah hujan yang tinggi.

Dipromotori oleh Prof Ir Noor Endah Mochtar MSc PhD dan Prof Ir Indra Surya B Mochtar MSc PhD, dosen Program Studi S-1 Teknik Sipil Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin ini berhasil menemukan jawaban atas kekeliruan persepsi masyarakat selama ini tentang penyebab kelongsoran tanah.

Yakni dengan terciptakannya alat uji geser yang dimodifikasi, yang kemudian alat tersebut digunakan untuk menguji parameter kekuatan geser tanah. Alat baru yang dibuat ini dapat digunakan untuk pengujian kekuatan geser tanah melalui pendekatan bidang retak yang menjalar. Pada bidang retak yang terbentuk tersebut dapat diisi oleh material lain dan menerima tekanan air secara independen.

“Berbeda dengan alat yang umum digunakan. Alat ini memiliki kelebihan yaitu dilengkapi dengan kotak geser yang tertutup sehingga dapat menerima tekanan air,” terang Hutagamissufardal.

Penelitian yang dilaksanakan sejak tahun 2010 untuk disertasi berjudul: Analisis Parameter Kekuatan Geser Tanah Berdasarkan Pendekatan Bidang Retak pada Peristiwa Kelongsoran Lereng ini, menghasilkan kesimpulan bahwa jika tanah retak diisi dengan material lain berupa pasir maka tanah tersebut akan berubah sifat menjadi behaving like sand (bersifat non kohesif).

“Penyebab utama penurunan kekuatan geser tanah (kohesi dan sudut gesek internal tanah, red) bukanlah tekanan air, melainkan keretakan pada tanah,” tambah Agam.

Pada akhir presentasinya, Agam berharap alat yang ia kembangkan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dan mampu memberikan informasi mengenai kondisi suatu tanah atau lempung dan dapat mengidentifikasi penyebab kelongsoran tanah.

“Semoga dengan alat ini, kondisi tanah yang berpotensi longsor dapat diketahui dengan akurat, sehingga tindakan untuk menanggulanginya juga tepat dan tidak sia-sia,” tukas Agam.

Berdasarkan pertimbangan dari pemaparan hasil penelitian Agam tersebut, keputusan Komisi Pertimbangan Fakultas yang dibacakan oleh pimpinan sidang menyatakan bahwa Agam berhasil lulus menyandang gelar doktor dengan predikat sangat memuaskan.

Agam menargetkan alat yang dimodifikasi ini akan terdaftar untuk mendapatkan hak paten pada akhir tahun ini. Agam juga sangat merekomendasikan alatnya untuk digunakan, sekaligus untuk menggantikan peranan alat sebelumnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Prof Ir Indra Surya B Mochtar MSc PhD selaku co-promotor, yang memiliki harapan bahwa alat baru yang dikembangkan ini bisa segera dipatenkan. “Saya harap alat ini segera dipatenkan,” pungkas Indra.(tok/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 16 April 2024
28o
Kurs