Selasa, 14 Mei 2024

Risma Wali Kota Surabaya Pada 9-18 April di Luar Negeri akan Lakukan Ini

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya dalam Women Will Conference Surabaya (17/6/2017). Foto: Instagram @trirismaharini

Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya menjadi pembicara di dua negara terkait urbanisasi. Tepatnya pada 9-13 April 2018, Risma akan menjadi pembicara di Islamabad, Pakistan. Disusul pada 14-18 April 2018 di Istanbul, Turki.

Yanuar Hermawan Kepala Sub Bagian Kerjasama Luar Negeri Pemkot Surabaya, di Surabaya, Senin (7/4/2018), mengatakan selain jadi pembicara, Risma juga akan mempromosikan persiapan Kota Surabaya sebagai Tuan rumah United Cities and Local Governments Asia Pacific (UCLG ASPAC) atau perserikatan kota dan pemerintah daerah di seluruh dunia yang digelar pada 12-15 September 2018.

“Bu Risma akan memaparkan kebijakan pemerintah daerah dalam mengatasi dampak urbanisasi dan membahas peran penting Pemerintah Daerah dalam merespon agenda 2030,” kata Yanuar kepada Antara.

Menurut dia, khusus dampak urbanisasi, Surabaya berkesempatan membahas isu-isu mengenai solusi mengatasi dampak urbanisasi. Selain itu ia juga banyak berbicara tentang perencanaan dan penerapan tujuan pembangunan berkelanjutan yang efektif di bidang sosial, kesejahteraan masyarakat dan Sumber Daya Manusia pada tingkat lokal.

Ia mengharapkan, berbagai macam bentuk pembahasan ini, Surabaya mampu memperluas jaringan kerja sama, pengetahuan, wawasan dari pembicara dan peserta workshop tentang strategi-strategi dalam bidang sosial.

Risma berharap masyarakat dan pengembangan ekonomi lokal dalam mewujudkan tujuan pembangunan yang berkelanjutan dengan kota-kota di kawasan Asia Pasifik.

Usai menghadiri dan menjadi pembicara di Pakistan, lanjut Wawan, Wali Kota Risma bersama jajaran bertolak menuju Istabul, Turki. Di sana, Risma melakukan pertemuan dengan Presiden Global Entrepreneurship Network (GEN) untuk membahas persiapan sekaligus mempromosikan penyelenggaraan StartUp Nation Summit (SNS) pada November 2018 di Kota Surabaya.

Lebih lanjut, Risma dan rombongan mempelajari pengembangan dunia kewirausahaan berbasis startup dengan memanfaatkan jaringan kerjasama luar negeri dengan para inkubator, akselerator, serta pemerintah daerah dari berbagai negara yang tergabung dalam anggota GEN.

“Khusus untuk startup , pemuda di Surabaya didorong dan difasilitasi untuk memulai bisnis berbasis teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat,” katanya.

Adapun, lanjut Wawan, The Startup Print adalah sebuah kompetisi startup di Surabaya yang juga diselenggarakan untuk mengakselerasi perkembangan dan menghubungkan mereka dengan pemangku kepentingan dalam industri tersebut.

“Manfaat pengembangan lingkungan wirausaha di tingkat kota dampaknya yang lebih nyata, tepat sasaran dan dapat menyelesaikan masalah lokal,” katanya.

Ke depan, kata dia, undangan di forum internasional terus mengalir ke meja wali kota. Salah satu yang terdekat adalah undangan resmi yang dilakukan secara langsung oleh Salman bin Abdulaziz al-Saud Raja Arab Saudi pada 9-10 Mei 2018 di Kota Madinah. (ant/tna/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 14 Mei 2024
31o
Kurs