Senin, 27 Mei 2024

Sebanyak 21 Influencer dan Blogger Asing Kunjungi Banyuwangi

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Festival Gandrung Sewu 2018 yang digemari para wisatawan asing. Foto: Antara

Sebanyak 21 penggiat pariwisata Amerika Selatan dan Eropa menjelajahi destinasi wisata di Banyuwangi. Difasilitasi oleh Kementerian Luar Negeri, mereka mengeksplorasi wisata daerah berjuluk the Sunrise of Java itu selama lima hari, mulai 19 sampai 23 oktober 2018. Selain itu mereka juga menikmati eksotika pergelaran kolosal Festival Gandrung Sewu.

Rombongan tersebut terdiri atas blogger, influencer alias orang-orang pembentuk opini di media sosial, tour operator, dan jurnalis dari kawasan Amerika Selatan dan Eropa Barat.

Darianto Harsono, Kasubdit III, Direktorat Amerika II Kemenlu RI mengatakan mereka berasal dari Brazil, Chili, Peru, Uruguay, Venezuela, Yunani, Portugal, Spanyol, dan Belgia. Darianto mengatakan, Kemenlu memilih untuk mempromosikan Banyuwangi lebih luas karena perkembangan pariwisata daerah tersebut yang cukup pesat.

Sementara itu, Jose Sergio, pengelola majalah Volta ao Mundo mengaku terkesima dengan Festival Gandrung Sewu. Dirinya berjanji akan memberitakan ketakjupannya di dalam majalahnya.

“Festival Gandrung Sewu sangat spesial karena dibawakan ribuan penari dalam balutan kostum cantik, dengan warna merah menyala yang seragam. Ditambah dengan narasi cerita yang apik dan pemandangan selat dan Pulau Bali, serta penontonnya yang juga sangat kooperatif. Ini sangat mengagumkan,” ungkapnya seperti dilaporkan Rudy dari Radio Mandala Banyuwangi dalam Jaring Radio Suara Surabaya, Selasa (23/10/2018).

Bukan hanya itu, sejumlah blogger dan influncer berbagai negara juga terlihat sibuk mengabadikan adegan sendratari kolosal tersebut. Mereka semua mengaku takjub dengan pertunjukan Gandrung Sewu.

Selama di Banyuwangi, mereka akan mengunjungi Kawah Ijen yang mempunyai fenomena api biru atau blue flame yang mendunia. Selain itu, mereka bakal menjelajahi Bangsring Underwater, Pulau Merah, dan Taman Nasional Alas Purwo, di mana terletak Pantai Plengkung dengan salah satu ombak untuk selancar terbaik di dunia. (dim/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Senin, 27 Mei 2024
33o
Kurs