Jumat, 29 Maret 2024

Bangun Imajinasi Anak, Berkreasi Dengan Kata-kata Bahasa Prancis

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Ilustrasi

Memberikan kesempatan anak-anak menuangkan imajinasinya diatas kertas menggunakan cat air, IFI Surabaya menjadwalkan lokakarya seni visual dengan tema Dis Moi Dix Mots dengan memvisualkan kata-kata dari Bahasa Prancis menjadi visual-visual karya anak-anak.

“Jadi akan ada pengarah atau pemandu workshop kreatif ini dari IFI Surabaya yang memberikan kata-kata dalam Bahasa Prancis yang disediakan, kemudian peserta akan memvisualkannya dalam gambar atau sketsa cat air sesuai imajinasi masing-masing,” terang Khrisna Pramendha Atase Press IFI Surabaya, Selasa (12/3/2019).

Dis Moi Dix Mots artinya: Katakan Padaku Sepuluh Kata dipilih sebagai tema pada lokakarya visual yang dijadwalkan menjadi satu diantara kegiatan Pekan Frankofoni yang secara rutin digelar setiap tahun di seluruh belahan dunia pada bulan Maret.

“Anak-anak dari sebuah panti asuhan di Surabaya sudah mendaftarkan diri untuk mengikuti lokakarya visual ini. Tentunya mereka akan menuangkan imajinasinya sebebas-bebasnya sesuai dengan pilihan kata-kata dalam Dis Moi Dix Mots. Di atas kertas menggunakan cat air anak-anak itu akan berekspresi. Pasti seru!” tambah Khrisna.

Setiap tahun, Pekan Frankoponi memilih tema yang berbeda, tetapi menjadi tema utama setiap negara penyelenggara Pekan Frankoponi. Di Kota Surabaya sendiri, Pekan Frankoponi dijadwalkan mulai digelar Senin (18/3/2019) hingga Jumat (22/3/2019) di sejumlah tempat, termasuk di IFI Surabaya kompleks AJBS Surabaya.

Dijadwalkan Senin (18/3/2019) bertempat di Auditorium IFI Surabaya digelar Lomba Dikte Bahasa Prancis yang diikuti siswa-siswa sekolah menengah yang tentu saja sedang belajar atau mempelajari Bahasa Prancis.

Selasa (19/3/2019) Lokakarya Seni Visual bertajuk: Dis Moi Dix Mots digelar di Ruang Kelas IFI Surabaya diikuti anak-anak dari sebuah panti asuhan di Kota Surabaya yang akan menuangkan imajinasinya di atas kertas menggunakan cat air, memvisualisasikan kata-kata Bahasa Prancis.

Pementasan teater oleh siswa jurusan Teater SMKN 12 Surabaya berjudul: La Parure karya Guy de Maupassant digelar pukul 18.30 WIB di Auditorium IFI Surabaya, pada Rabu (20/3/2019).

Sedangkan Kamis (21/3/2019) siswa SDI Kreatif Mutiara Anak Sholeh tampil di pentas tari dengan iringan komposisi-komposisi berBahasa Prancis, dan Jumat (22/3/2019) lomba persahabatan Video Game Sepak Bola FIFA antara pemain Surabaya vs Prancis.

“Untuk mengikuti dan menyaksikan kegiatan selama pelaksanaan Pekan Frankoponi di IFI Surabaya, tidak dipungut biaya. Karena itu kami mengundang masyarakat Kota Surabaya untuk hadir mengikuti kegiatan-kegiatan yang kami gelar,” pungkas Khrisna.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
27o
Kurs