Minggu, 5 Mei 2024

Brigjen Pol Djamaludin Resmi Jadi Wakapolda Jatim yang Baru

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Brigjen Pol Djamaludin saat serah terima jabatan menjadi Wakapolda Jatim yang baru, menggantikan Irjen Pol Toni Harmanto yang kini menjabat sebagai Widyaswara Utama Sespim Lemdiklat Polri. Foto: Humas Polda Jatim

Kepolisian Daerah (Polda) Jatim melakukan Serah Terima Jabatan (Sertijab) untuk jabatan Wakapolda Jatim, Senin (21/10/2019). Jabatan yang sebelumnya diisi oleh Irjen Pol Toni Harmanto, kini berpindah ke Brigjen Pol Djamaludin.

Irjen Pol Luki Hermawan Kapolda Jatim mengatakan, Wakapolda sebelumnya berhasil mendapat kenaikan pangkat menjadi Irjen dan menjabat sebagai Widyaswara Utama Sespim Lemdiklat Polri. Sementara untuk Wakapolda yang baru, Luki mengaku terkesan.

Menurutnya, Brigjen Pol Djamaludin mempunyai pengalaman 13 tahun bertugas di Jatim. Sehingga, lebih tahu peta Jatim dan memudahkannya dalam bekerja sama. Brigjen Pol Djamaludin pernah menjadi Kapolres di Pamekasan, Malang, Karo SDM, dan Irwasda.

“Penggantinya ini orang yang tidak asing bagi Jawa Timur karena memang lama di Jatim. Dari awal pendidikan dia sudah di Jatim kalau ndak salah 13 tahun, tentu ini akan memudahkan untuk bekerja sama nantinya,” kata Luki.

Sementara itu Irjen Pol Toni Harmanto mengaku memiliki kesan yang mendalam dengan Jatim. Toni berharap, Brigjen Pol Djamaludin bisa menggantikan perannya dengan baik. Terutama terus menumpas kejahatan narkoba.

“Kesannya luar biasa Polda Jawa Timur guyub rukun dan anggota-anggotanya luar biasa. Masalah-masalah yang terjadi, kasus yang menjadi masalah isu publik termasuk kasus narkoba yang sejak saya masuk. Semoga ini bisa terus dilanjutkan oleh pejabat baru. Insya Allah akan diteruskan,” kata dia.

Sedangkan Brigjen Pol Djamaludin mengaku, Jatim begitu banyak mengalami perubahan. Meski demikian, dengan jabatan barunya sebagai Wakapolda Jatim pihaknya akan siap melaksanakan tugas pokok Polri.

“Walaupun saya pernah di sini, perubahannya sangat cepat. Saya butuh penyesuaian. Pada prinsipnya saya membantu beliau (Kapolda Jatim, red),” ungkapnya. (ang/tin/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
26o
Kurs