Kamis, 25 April 2024

Di Surabaya, Dankormar Disambut Ribuan Prajurit Marinir

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Mayjen TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han) Dankormar disambut ribuan prajurit Marinir saat kunjungi Korps Marinir Wilayah Surabaya. Foto: Dispen Kormar

Setelah dilantik sebagai Komandan Korps Marinir (Dankormar) oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., pada 27 Desember 2018 yang lalu, Mayjen TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han) mengunjungi prajurit Korps Marinir Wilayah Surabaya, di Kesatrian Marinir Sutedi Senaputra Karangpilang, Surabaya, Jawa Timur. Jumat (4/1/2019).

Kedatangan orang nomor satu di jajaran Korps Marinir ini, disambut oleh Komandan Pasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E beserta seluruh pejabat teras Marinir Wilayah Surabaya dan ribuan prajurit di Pos Satu Kesatrian Marinir Sutedi Senaputra Karangpilang.

Usai disambut Komandan Pasmar 2, dengan menaiki kendaraan tempur RM-70 Multi Launch Rocket System (MLRS) Kal122 MM Vampire, Dankormar yang didampingi Ketua Gabungan Jalasenastri Korps Marinir Ny. Etta Suhartono disambut penghormatan ribuan prajurit Korps Marinir dan Pegawai Negeri Sipili (PNS) yang berjejer rapi di sepanjang jalan mulai dari Pos Satu hingga lapangan apel Kesatrian Marinir Sutedi Senaputra Karangpilang, yang sebelumnya dilaksanakan tembakan kehormatan Gun Salute dari dua pucuk meriam Howitzer 105 mm.

Sesampainya di lapangan apel, Dankormar langsung memimpin apel khusus yang diikuti oleh ribuan prajurit dan PNS di jajaran Marinir Wilayah Surabaya.


Dankormar saat mengunjungi prajurit Korps Marinir di Surabaya dengan menaiki kendaraan tempur RM-70 Multi Launch Rocket System (MLRS) Kal122 MM Vampire. Foto: Dispen Kormar

Di depan ribuan prajurit petarung Marinir Wilayah Surabaya, Jenderal bintang dua di Korps Marinir tersebut menyampaikan rasa syukur kepada Allah Subhanahu Wa Taala karena bisa berada di tengah-tengah sarang petarung.

“Hari ini saya siap untuk bergabung di tengah-tengah kalian semuanya, untuk maju ke medan tempur dimanapun dalam rangka mempertahankan NKRI, karena saya yakin kalian juga tidak akan pernah mundur untuk menghadapi semua ancaman-ancaman itu,” tegas Mayjen TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han) Dankormar.

Dalam kesempatan tersebut, Dankormar mengingatkan kembali kepada seluruh prajurit bahwa Korps Marinir besar dan terlahir semenjak zaman Revolusi perjuangan dulu, pertempuran demi pertempuran, palagan demi palagan sudah diikuti oleh para pendahulu Korps Marinir, para sesepuh-sesepuh yang sudah rela mengorbankan jiwa dan raganya, demi mengukir nama besar Korps Marinir, demi mempertahankan semua permasalahan bangsa terutama yang berkaitan dengan kedaulatan Negara.

Korps Marinir besar dan dicintai rakyat karena semua kiprahnya dalam setiap palagan, dalam setiap pertempuran dalam setiap permasalahan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia, Korps Marinir selalu berkiprah, namun demikian perlu diingat bahwa Korps Marinir besar juga karena profesionalnya.

Orang nomor satu di Korps Marinir itu juga mengajak seluruh prajurit untuk meneruskan perjuangan para sesepuh yang sudah berkontribusi besar dalam mengukir nama baik dan kejayaan Korps Marinir.

“Tanggung jawab kita saat ini bagaimana kita bisa melanjutkan, mengembangkan, mempertahankan semua reputasi itu, tentunya kita harus senantiasa mengasah dan membina diri dalam rangka mempertahankan profesionalisme sebagai prajurit petarung. Tingkatkan pengetahuan kalian sesuai dengan profesi masing-masing, latih dan bina diri kalian dengan semua keterampilan-keterampilan, sehingga performance sebagai seorang prajurit bisa dibanggakan, semua itu tidak lain adalah untuk membangun profesionalisme dan mengembangkan Korps Marinir,” ujat Dankormar.

Usai pengarahan, Dankormar didampingi Ketua Gabungan Jalasenastri Korps Marinir Ny. Etta Suhartono memberikan pengarahan kepada Jalasenastri Marinir Wilayah Surabaya di ruang VIP Yonarhanud 2 Marinir, kemudian dilanjutkan pengarahan kepada Perwira Marinir wilayah Surabaya dan melaksanakan tour facilty di Kesatrian Marinir Sutedi Senaputra.

Turut hadir dalam acara tersebut Brigjen TNI (Mar) Suhono, Wagub AAL Brigjen TNI (Mar) Nurry A. Djatmika, Dankolatmar Kolonel Marinir Sarjito, Asops Dankormar Kolonel Marinir Y. Rudy Sulistyanto. Danlanmar Surabaya Kolonel Marinir Mauriadi, Dankodikmar Kolonel Marinir Siswoto, Kadisminpers Kormar Kolonel Marinir Agus Gunawan Wibisono dan para pejabat teras Marinir Wilayah Surabaya lainnya.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs