Jumat, 4 Desember 2020

Klenteng Menggeliat, Umat Persiapkan Diri Jelang Imlek

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Sejumlah persiapan dilakukan pengelola klenteng di Kota Surabaya jelang Imlek 2570. Foto: Totok suarasurabaya.net

Menjelang persembahyangan Imlek 2570, beberapa klenteng tempat persembahyangan umat Tri Dharma di Kota Surabaya mulai menggeliat. Mempersiapkan diri menyambut persembahyangan pergantian tahun Imlek 2570.

Akiong satu diantara pengurus Klenteng Hong San Ko Tee di Jl. HOS Cokroaminoto, Surabaya, membenarkan bahwa persiapan memang mulai dilakukan klenteng maupun umat sendiri dalam rangka menyambut Imlek 2570.

“Selain membersihkan klenteng, kami juga mempersiapkan beberapa kegiatan menjelang persembahyangan Imlek yang berlangsung pada 5 Pebruari 2019 nanti. Ada beberapa kegiatan maupun persembahyangan sebelum sembahyang Imlek,” terang Akiong.

Ada kegiatan bakti sosial, dilanjutkan persembahyangan, serta ritual memandikan rupang klenteng, sebelum memasuki persembahyangan Imlek. “Kami setiap tahun menggelar sejumlah ritual atau persembahyangan menjelang Imlek, termasuk memandikan rupang,” tambah Akiong.

Senada dengan itu, Leo yang ditemui sedang membersihkan bagian altar persmebahyangan klenteng Pak Kik Bio di kawasan Jagalan, Surabaya membenarkan bahwa persembahyangan Imlek merupakan bagian paling ramai dan selalu dipenuhi umat.

“Persiapan, satu diantaranya adalah bersih-bersih klenteng. Umat juga biasanya mulai mempersiapkan diri menjelang pegantian tahunImlek itu dengan sembahyang di rumah atau di klenteng. Makanya klenteng jadi agak ramai dibanding hari biasa,” kata Leo.

Meskipun persembahyangan pergantian tahun Imlek 2570 bakal berlangsung pada 5 Pebruari 2019, tetapi persiapan memang sudah dilakukan jauh-jauh hari. Mempersiapkan klenteng, perlengkapan sembahyang, juga ritual-ritual lainnya.(tok/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Mobil Terguling di Tol

Mobil Nyaris Masuk Sungai di Wiyung

Kebakaran Rumah, 12 PMK Di lokasi

Kecelakaan L300 Tabrak Pembatas Tol Sumo

Surabaya
Jumat, 4 Desember 2020
29o
Kurs