Jumat, 3 April 2020

Menteri PPPA Ingatkan Pentingnya Melek Digital Pada Pelaku UMKM Surabaya

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
I Gusti Ayu Bintang Darmawati Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) di Surabaya, Minggu (8/12/2019). Foto: Anggi suarasurabaya.net

Teknologi saat ini berkembang pesat ke berbagai sektor, salah satunya ke dalam sektor bisnis. Dengan demikian, pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dituntut untuk “melek” digital agar mampu bersaing dalam mengembangkan usahanya.

Hal itu disampaikan I Gusti Ayu Bintang Darmawati Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) di Surabaya, Minggu (8/12/2019). Dengan teknologi yang ada serta beragam platform ekonomi digital akan memudahkan pelaku UMKM memasarkan produknya.

“Ada istilahnya pekerja rumahan bisa melakukan usaha. Dia memproduksi di rumah dan pemasarannya bisa melalui online. Nah itu, melek digital di era sekarang ini, bagi saya sangat penting. Terutama dengan pemasaran,” kata Bintang.

Dia pun mencontohkan salah satu program Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya, yang dinilainya sukses dalam pemberdayaan UMKM. Yaitu program Pahlawan Ekonomi dan Pejuang Muda, yang menurutnya bisa menjadi role model Kementerian PPPA untuk dilakukan di daerah lain.

Bukan hanya sekedar pelatihan, kata dia, tapi pelaku usaha didampingi mulai dari awal sampai akhir. Tidak jarang, produk yang mereka hasilkan ada yang bisa tembus hingga ke pasar internasional. Ini menurutnya, capaian yang luar biasa.

“Di Pahlawan Ekonomi maupun Pejuang Muda itu, saya rasa sudah lengkap ya. Konsepnya dari hulu ke hilir. Pendampingan tidak dilepas, itu yang kami kami apresiasi setinggi-tingginya. Kemudian juga kualitas produknya, packagingnya kami lihat luar biasa. Bahkan, ada yang sampai masuk ke maskapai,” kata dia.

Menurutnya, Pahlawan Ekonomi juga mampu menghidupkan mesin kedua bagi perekonomian keluarga di Surabaya. Di mana istri atau perempuan, turut membantu perekonomian keluarganya. Ini sesuai dengan tugas Kementerian PPPA, salah satunya untuk memberdayakan perempuan dalam bidang wirausaha.

“Tentunya saya mengapresiasi. Karena kebijakan Bu Risma ini sangat membantu kami. Sesuai dengan arahan Bapak Presiden kepada kami, salah satu yang ditugaskan di Kementerian PPPA. Yaitu memberdayakan perempuan dalam bidang wirausaha. Kami juga mengapresiasi perempuan yang turut dalam Pahlawan Ekonomi ini,” terangnya. (ang/iss)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Trailler Tabrak Pembatas Jalan di Tol

Mobil Terbakar di Karah Indah 1

Penyemprotan Disinfektan di A.Yani

Surabaya
Jumat, 3 April 2020
30o
Kurs