Sabtu, 20 April 2024

Presiden Korsel Apresiasi Peran Indonesia Dalam Kerja Sama Indo-Pasifik

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Joko Widodo Presiden RI dan Moon Jae-in Presiden Korea Selatan saat pelaksanaan ASEAN-Republic of Korea (RoK) Summit, Senin (25/11/2019). Foto: Biro Pers Setpres

Moon Jae-in Presiden Korea Selatan menyampaikan apresiasi dan meyakini penyelenggaraan Indo-Pacific Infrastructure and Connectivity Forum tahun 2020 akan berjalan sukses.

“Indonesia merupakan negara penggagas dari konsep Indo-Pasifik dan akan sukses menjadi tuan rumah,” ucap Moon ketika mengadakan pertemuan bilateral dengan Presiden Jokowi di Westin Chosun Hotel, Busan, pada Senin (25/11/2019)

Dalam pertemuan itu, Jokowi menyampaikan kembali pentingnya perlindungan Anak Buah Kapal Indonesia yang bekerja di kapal panjang. Moon menyampaikan komitmen untuk memberikan perlindungan terhadap para ABK Indonesia.

Masih terkait ABK, Presiden sampaikan apresiasi atas diselematkannya enam orang Warga Negara Indonesia (WNI) yang bekerja sebagai ABK di kapal yang tenggelam di wilayah Seogipo, Jeju.

“Di kapal tersebut, terdapat enam orang WNI yang bekerja sebagai ABK. Enam orang WNI ABK tersebut selamat dan saat ini sedang menjalani perawatan kesehatan. Terima kasih atas upaya penyelamatan yang dilakukan otoritas Korea,” ujar Jokowi Presiden berdasarkan rilis yang diterima suarasurabaya.net.

Presiden Moon menyampaikan bahwa pemerintah Korea Selatan selalu mengutamakan keselamatan. “Kami berupaya agar ABK dapat bekerja dengan baik,” kata Moon Presiden.

“Sekali lagi saya mohon agar Presiden Moon dapat memberikan perhatian terhadap sistem perlindungan ABK Indonesia ini,” tutur Jokowi Presiden.

Di akhir pertemuan, Jokowi Presiden menyampaikan bahwa Indonesia mendukung Keketuaan Korea di MIKTA pada tahun 2020.

“Saya harap Korea tetap menjadikan ekonomi kreatif sebagai prioritas MIKTA tahun 2020,” katanya.

Korea Selatan akan menjadi Ketua MIKTA untuk tahun 2020. Jokowi Presiden mengharapkan agar kerjasama MIKTA dapat diintensifkan sehingga dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat.(tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
32o
Kurs