Jumat, 26 April 2024

Presiden Tinjau Pengembangan Wisata Baru di Labuan Bajo

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden saat meninjau pengembangan wisata baru di Labuan Bajo, Rabu (10/7/2019). Foto: Biro Setpres

Joko Widodo Presiden meninjau kawasan Puncak Waringin di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (10/7/2019). Kawasan yang ditinjau olehnya dalam kunjungan kerja kali ini akan dikembangkan dan ditata menjadi sebuah kawasan industri pariwisata.

Danis H. Sumadilaga Direktur Jenderal Cipta Karya memaparkan kepada Presiden, kawasan Puncak Waringin akan mencakup area seluas kurang lebih 1 hektare dilengkapi pusat cenderamata, amfiteater, ruang terbuka hijau, area parkir, dan dek observasi.

Secara umum, kawasan Labuan Bajo akan diprioritaskan pemerintah sebagai salah satu destinasi wisata baru yang akan dikembangkan.

“Kita kan sudah rencanakan dua tahun yang lalu kita ingin ada 10 destinasi baru dan ini yang 4 yang ingin kita prioritaskan. Salah satunya adalah Labuan Bajo,” ujar Presiden selepas meninjau Puncak Waringin dalam keterangan pers yang diterima suarasurabaya.net, Rabu (10/7/2019).

Presiden mengatakan untuk mendukung pengembangan kawasan itu pemerintah sedang melakukan percepatan pembangunan infrastruktur pendukung pariwisata. Di antaranya pengembangan bandara yang ada di daerah itu.

“Maksimal tahun depan sudah rampung semua. Terminal airport, runway, rampung,” kata Presiden.

Pengelolaan bandara juga akan menjadi perhatian tersendiri. Menurut Presiden, pemerintah ingin agar pengelola bandara di kawasan-kawasan wisata memiliki jaringan pariwisata internasional.

“Pengelolaan juga akan dilelangkan. Terutama kita ingin agar yang mengelola airport ini yang memiliki jaringan pariwisata internasional sehingga yang datang ke sini turis-turis yang kita harapkan akan meningkatkan devisa,” katanya.

Dalam peninjauan itu, Kepala Negara sempat menyusuri area pedestrian yang berjarak kurang lebih 100 meter dari kawasan Puncak Waringin. Penataan pedestrian yang dilalui Presiden itu juga akan menjadi bagian dari penataan kawasan pariwisata.

“Penataan kawasan di Labuan Bajo ini penting sekali. Seperti ini, akan kita buat trotoar. Tahun ini mulai (dibangun) nanti sampai ke ujung sana sehingga turis bisa berjalan ke sini sambil menikmati view yang ada di depan sana,” ujarnya.

Selepas peninjauan kawasan Puncak Waringin, Jokowi dan rombongan meninjau rencana pengembangan kawasan wisata baru di sekitar Pelabuhan Labuan Bajo. Kawasan sekitar pelabuhan itu akan terdiri dari hotel, kawasan terpadu Marina, dan area komersial.(rid/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
31o
Kurs