Senin, 6 Mei 2024

Semua Prodi di Unair Hanya Menggunakan Hasil UTBK untuk Seleksi SBMPTN

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Junaidi Khotib Warek 4 Unair saat ditemui di Unair, Minggu (26/5/2019). Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Junaidi Khotib Warek 4 Unair menegaskan, semua program studi (prodi) di Unair hanya menggunakan hasil UTBK sebagai bahan pertimbangan kelolosan calon mahasiswa pada jalur SBMPTN.

Ia mengatakan, jalur SBMPTN di Unair menggunakan proporsi yang ada pada hasil UTBK. Lebih lanjut, tidak ada tambahan dokumen atau persyaratan lain yang perlu disiapkan calon mahasiswa. Pasalnya, semua prodi di Unair tidak ada yang membutuhkan keahlian khusus seperti bidang kesenian.

“Kalau misal saja ada yang perlu keahlian, seni tari, atau desain grafis misalnya, di PTN lain, kemungkinan ada tambahan untuk ujian praktiknya,” ungkap Junaidi ketika ditemui di kampus Unair pada Minggu (26/5/2019).

Oleh karena itu, Junaidi mengimbau kepada seluruh calon mahasiswa untuk benar-benar mencermati hasil nilai UTBK yang mereka dapatkan.

Bambang Sektiari Koordinator Pelaksana UTBK Unair menambahkan, proporsi nilai di tiap-tiap sub tes perlu diperhatikan.

“Calon mahasiswa harus mempertimbangkan betul nilai di tiap sub tesnya itu, agar sesuai dengan prodi yang dituju. Itu kemungkinannya akan makin besar diterima,” kata Bambang.

Seleksi akan menggunakan sistem perangkingan tiap prodi dilihat dari nilai secara menyeluruh dan nilai berdasarkan tiap bidang keilmuan yang dituju.

Junaidi menyontohkan, semisal calon mahasiswa mengambil prodi kedokteran, maka yang pertama dilihat adalah sub tes skolastik, baru kemudian biologi dan kimia. Sedangkan untuk ilmu Komputer akan dilihat skolastik dan disusul matematika serta fisika.

“Itu menjadi proporsi, sehingga tentu dari nilai yang sama ketika diproporsi akan berbeda (hasilnya, red),” pungkasnya. (bas/tin/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
29o
Kurs