Kamis, 13 Agustus 2020

72 Persen Pasien Covid-19 yang Dirawat di RS Lapangan Indrapura Sembuh

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Salah satu pasien Covid-19 yang telah dinyatakan sembuh di RS Lapangan Jalan Indrapura. Foto: Humas Pemprov Jatim

Sebanyak 148 orang pasien dari total 203 pasien yang dirawat di Rumah Sakit Lapangan atau Rumah Sakit Darurat di Jalan Indrapura Surabaya dinyatakan sembuh dari infeksi Covid-19. Ada tambahan 64 orang pasien yang dinyatakan sembuh pada Minggu (28/6/2020) setelah melewati dua kali tes swab PCR terkonversi negatif Covid-19.

Secara prosentase, tingkat kesembuhan pasien Covid-19 yang dirawat di RS Darurat atau RS Lapangan Jalan Indrapura mencapai 72,9 persen. Dari total pasien yang dirawat di rumah sakit lapangan, hanya ada tiga orang yang dirujuk ke Rumah Sakit Rujukan Covid-19 karena kondisi kesehatannya memerlukan penanganan lebih lanjut.

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur mengapresiasi seluruh tim dokter dan tenaga medis serta paramedik yang telah bekerja keras luar biasa di Rumah Sakit Lapangan, memberikan pelayanan terbaik bagi para pasien.

“Alhamdulillah, kami ucapkan rasa syukur yang luar biasa pada Allah atas terus bertambahnya pasien covid-19 di RS lapangan yang telah dinyatakan sembuh. Ini menjadi optimisme bagi kita semua bahwa pandemi covid-19 di Jatim bisa kita atasi bersama, semoga yang sembuh makin banyak yang meninggal bisa nol,” kata Khofifah dalam keterangan tertulis.

Perlu diketahui, Pemprov Jatim bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) dalam hal ketersediaan tenaga medis di rumah sakit itu. Bersama kedua organisasi profesi itu Pemprov Jatim terus merekrut tenaga relawan untuk lebih mengoptimalkan pelayanan medis bagi pasien.

Mantan Menteri Sosial itu berharap, Rumah Sakit Lapangan Covid-19 Jatim itu bisa dioptimalkan untuk merelaksasi atau meringankan beban rumah sakit di Jawa Timur yang sedang penuh, seperti yang sedang terjadi di Kabupaten Sidoarjo.

Rumah Sakit Lapangan Covid-19 yang didirikan di atas tanah dan bangunan milik Pusat Penelitan dan Pengembangan Kesehatan (Puslitbangkes) Kementerian Kesehatan itu beroperasi langsung di bawah komando Panglima Kogabwilhan II, sesuai arahan Joko Widodo Presiden.

Ada dua basis utama bangunan RS Lapangan itu. Baik berbasis gedung dan berbasis tenda. Ada satu gedung utama dan lima ruangan berbasis tenda di lokasi itu. Kelima tenda itulah yang dibagi peruntukannya untuk tenda wanita, tenda pria, tenda screening dan tenda untuk keperluan administrasi.

Artika Fauziah salah satu pasien Covid-19 yang sudah dinyatakan sembuh dan telah berkumpul kembali dengan keluarganya bilang, fasilitas di RS Lapangan turut membantu kesembuhannya. Salah satunya, makanan yang disajikan dengan standar gizi sangat baik dan enak.

“Terimakasih pada semua dokter, tim medis, dan seluruh petugas yang sudah memberikan pelayanan yang sangat baik pada kami. Bahkan, disini kami tidak sempat merasakan lapar karena makanan yang disajikan standar gizinya sangat baik dan enak-enak,” katanya.(den)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Pelangi Sore Hari di Surabaya

Kangen Tanggapan

Unjuk Rasa Aliansi Pekerja Seni Surabaya

Truk Patah As di Gedangan

Surabaya
Kamis, 13 Agustus 2020
33o
Kurs