Sabtu, 26 September 2020

Peringati Hari Orang Sakit, Gereja SMTB Gelar Misa Khusus

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Misa peringatan Hari Orang Sakit di gereja Katolik Santa Maria Tak Bercela (SMTB) Surabaya. Foto: Totok suarasurabaya.net

Gereja Katolik Santa Maria Tak Bercela (SMTB) gelar misa khusus yang diikuti sejumlah pasien dan mereka yang sedang sakit, Selasa (11/2/2020) dalam rangka peringatan Hari Orang Sakit.

Umat yang berdatangan beberapa diantaranya menggunakan kursi roda yang didorong oleh keluarga masing-masing. Beberapa umat yang sakit dan masih dalam pengobatan, oleh keluarganya ditempatkan pada tempat tidur yang bisa didorong mendekati altar.

Eka Winarno Kepala Paroki Gereja SMTB menyampaikan bahwa misa yang digelar kali ini memang ditujukan bagi mereka yang sedang sakit atau sedang dalam perawatan kesehatan, sebagai bentuk kepedulian kepada mereka agar segera mendapatkan kesembuhan.

“Misa ini memang bukan hanya untuk berharap kesembuhan para umat yang sedang dalam penderitaan sakit. Misa ini juga merupakan kepedulian gereja kepada umat yang sakit agar beroleh pemulihan secara keseluruhan. Pemulihan yang utuh,” terang Romo Eka Winarno.

Peran gereja pada momen atau misa ini, lanjut Romo Eka sebagai penyemangat bagi umat yang sakit, memberikan gereja menjadi penginapan bagi orang sakit, juga bagi umat manusia yang tertindas, miskin. Dengan harapan agar mereka yang dalam penderitaan beroleh ketenangan, sembuh.

“Gereja pada perayaan Ekaristi Hari Orang Sakit ini memiliki peran memberikan tempat, penginapan bagi yang sakit. Dan itu bukan semata-mata mereka yang skait, tetapi lebih kepada umat yang sedang tertindas, miskin. Sehingga harapannya adalah mereka yang sakit dan menderita mendapat kesmebuhan, kebahagiaan,” kata Romo Eka.

Mengakhiri misa dan doa, dalam rangka peringatan Hari Orang Sakit di gereja SMTB, Romo Eka beserta dua Romo lainnya melakukan pemberkatan kepada masing-masing umat yang sedang sakit dan mengikuti misa Selasa (11/2/2020) sore tersebut dengan memberikan urapan minyak suci pada kening masing-masing umat.(tok)

Berita Terkait
NOW ON AIR SSFM 100

Emma Rachmawati

Potret NetterSelengkapnya

Kemacetan di Raya Taman arah Bundaran Waru

Bypass Krian arah Mojokerto Macet

Underpass Satelit arah Mayjen Sungkono Macet

Kemacetan di Manukan

Surabaya
Sabtu, 26 September 2020
34o
Kurs