Kamis, 24 September 2020

Bantu Pasien Corona, Menhub: Saya Siap Kapan Pun Diminta Darahnya

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan RI. Foto: Antara

Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan (Menhub) menyanggupi untuk diambil plasma darahnya sebagai salah satu upaya medis dalam menyembuhkan pasien yang terinfeksi virus corona baru atau Covid-19.

“Kalau plasma darah sudah dimandatkan oleh pihak rumah sakit dan saya mau anytime (kapan pun) saya diminta darahnya karena darah ini berguna di masyarakat,” kata Menhub Budi Karya seperti dilaporkan Antara, Senin (27/4/2020).

Menhub dinyatakan sembuh dari Covid-19 setelah mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) sejak 13-31 Maret 2020.

Setelah dirawat, Budi Karya melakukan tes cepat (rapid test) sebanyak dua kali dan dinyatakan boleh pulang oleh dokter, namun tetap menjalani isolasi mandiri selama di rumah.

Ia juga bercerita mendapatkan banyak dukungan, mulai dari Joko Widodo Presiden, tenaga medis RSPAD, keluarga hingga wartawan yang membuatnya kembali semangat.

Selama dirawat Ia mengaku terus memantau perkembangan yang terjadi, termasuk terlibat dalam pembuatan dua peraturan yang dikeluarkan oleh Kemenhub, yakni Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 18 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi dalam rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19 dan Perhubungan Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Musim Mudik Idul Fitri 1441 H dalam rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19.

Pada 14 Maret lalu Menhub Budi Karya Sumadi dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 setelah beberapa waktu terakhir dirawat di RSPAD Gatot Subroto Jakarta.

Menhub mendapatkan serangkaian perawatan dari tim medis RSPAD secara intensif karena selain terinfeksi Covid-19, ia juga memiliki penyakit bawaan yang telah diderita sejak lama, yakni penyakit asma.(ant/iss/ipg)

Berita Terkait
NOW ON AIR SSFM 100

Radityo Jufriansah

Potret NetterSelengkapnya

Kemacetan di Raya Taman arah Bundaran Waru

Bypass Krian arah Mojokerto Macet

Underpass Satelit arah Mayjen Sungkono Macet

Kemacetan di Manukan

Surabaya
Kamis, 24 September 2020
28o
Kurs