Sabtu, 20 April 2024

BPBD Jatim Bagi-Bagi 10 Ribu Sarung Tangan Plastik Waspadai COVID-19

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jatim membagi-bagikan 10 ribu sarung tangan plastik gratis ke sejumlah pedagang kaki lima di sepanjang jalan S.Parman, Waru dan di sekitaran Pasar Wage, Sidoarjo. Foto: Istimewa

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jatim membagi-bagikan 10 ribu sarung tangan plastik gratis ke sejumlah pedagang kaki lima di sepanjang jalan S.Parman, Waru dan di sekitaran Pasar Wage, Sidoarjo.

Langkah ini dilakukan, kata Suban Wahyudiono Kalaksa BPBD Jatim, sebagai langkah preventif pencegahan penyebaran dan penularan Convid-19. Kegiatan ini dilakukan BPBD dalam rangka menindaklanjuti imbauan Heru Tjahjono Kepala BPBD Jatim yang juga Sekdaprov Jatim.

“Tentu, upaya yang kita lakukan ini sekaligus merespon surat edaran Gubernur Jatim tentang Kewaspadaan Convid-19 di Jatim,” ujar Suban.

Suban menjelaskan, ada alasan tertentu kenapa sasaran kegiatan ini adalah para pedagang makanan. Suban menjelaskan, langkah itu dilakukan karena salah satu media penyebaran virus corona selama ini melalui sentuhan tangan penderita. Sentuhan itu bisa terjadi terhadap benda atau kepada sesama manusia.

Sementara, intensitas sentuhan tangan para pedagang lebih sering terjadi, baik terhadap makanan yang dijual maupun kepada para pembeli.

“Dengan menggunakan sarung tangan, setidaknya bisa meminimalisir kontak langsung dan tentu juga akan menjaga kebersihan makanan dan minuman yang dijual. Sarung tangannya pun dari plastik. Jadi bisa lebih efektif. Habis pakai langsung buang,” pungkasnya. (bas)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
29o
Kurs