Senin, 6 Desember 2021

Kasus Corona Makin Banyak, Ratusan Orang Akan Berdoa Bersama di Masjid Al Akbar

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Masjid Nasional Al Akbar Surabaya. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Sekitar 500 orang akan berkumpul di Masjid Al Akbar Surabaya untuk berdoa meminta keselamatan dari ancaman virus corona pada Senin (16/3/2020) mendatang. Helmy M Noor Humas Masjid Nasional Al Akbar Surabaya mengatakan, kegiatan ini adalah bagian dari ikhtiar yang dilakukan pihak masjid.

Selain doa bersama yang termasuk dalam ikhtiar batin, pada senin nanti, akan ada sejumlah kegiatan yang masuk dalam ikhtiar dhohir. Diantaranya sosialisasi cuci tangan, jemur karpet massal, dan minum jamu bareng. Sebelumnya, pihak masjid ini juga sudah meningkatkan kebersihan seperti meningkatkan vacum karpet menjadi lima kali sehari dan menyediakan sabun tangan di area wudlu.

Helmy menegaskan, acara ini hanya akan diikuti oleh internal masjid Al Akbar saja. Sebab, memang apel siaga ini ditujukan sebagai upaya meneguhkan lagi upaya yang mereka lakukan selama virus corona merebak. Di antara stakeholder yang hadir adalah murid dan guru paud serta mi, mahasiswa dan dosen STAI, komunitas jantung sehat, komunitas karang werdha, serta staff masjid Al Akbar.

Ditanya soal imbauan beberapa Pemda termasuk Surabaya, yang merekomendasikan agar kegiatan-kegiatan yang dapat mengumpulkan massa diminimalisir, Helmy mengatakan acara ini hanya untuk kalangan internal dan pihak panitia sudah menyiapkan sejumlah antisipasi.

“Ini kan apel rutin setiap senin. Kan sampai sekarang sekolah juga belum ada imbauan libur. kalau setelahnya libur, ya libur. tapi kita beri semangat dulu. Juga ada hand sanitizer. Yang sakit juga jangan ikut. Itu kan sebenarnya agenda rutin, meskipun biasanya parsial. Besok bikin bersama, simpel. Selesai gak lama,” pungkasnya. (bas/ang)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Suasana Unjuk Rasa Melewati Basra

Surabaya
Senin, 6 Desember 2021
28o
Kurs