Sabtu, 27 April 2024

Daop 8 Siapkan Lebih dari Seribu Tiket KA Jarak Jauh Gratis untuk Guru dan Nakes

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Ilustrasi. Foto: Humas PT KAI Daop 8 Surabaya

Menyambut Hari Pahlawan 10 November PT KAI Daop 8 Surabaya menyiapkan 1.037 voucher tiket kereta api (KA) Jarak Jauh gratis bagi guru dan tenaga kesehatan (nakes).

Fredi Firmansyah Executive Vice President PT KAI Daop 8 Surabaya mengatakan, program gratis naik KA ini untuk menghormati guru dan nakes sebagai para pahlawan tanpa tanda jasa.

“Voucher tiketnya bisa diambil di Stasiun Surabaya Gubeng untuk digunakan pada periode keberangkatan 8 sampai 30 November mendatang,” katanya, Jumat (6/11/2020).

Fredi bilang, guru adalah sosok yang berada di garda terdepan pendidikan nasional di tengah pandemi Covid-19. Menurutnya, pendidikan adalah pondasi pencetak generasi bangsa.

Demikian halnya dengan tenaga kesehatan yang merupakan para pahlawan kemanusiaan, terutama di masa pandemi Covid-19 yang juga sedang dihadapi bangsa Indonesia.

“Mereka yang berada di garis terdepan tidak hanya mengorbankan waktu, pikiran, dan tenaga, tetapi rela mengorbankan risiko kesehatannya demi keselamatan orang lain,” katanya.

Guru yang berhak mendapatkan voucher tiket gratis ini adalah guru TK sampai SMA atau sederajat. Sedangkan untuk Nakes, program ini tidak berlaku bagi dokter, petugas administratif, dan tata usaha di fasilitas kesehatan.

“Syaratnya cukup menyerahkan fotokopi identitas sebagai guru berupa Kartu/Surat Keterangan. Adapun untuk tenaga kesehatan, menyerahkan fotokopi Surat Izin Praktik (SIP) yang masih berlaku,” jelasnya.

Fredi menjelaskan, voucher gratis ini berlaku untuk sembilan kereta api kelas eksekutif dan ekonomi ke berbagai tujuan pada periode 8-30 November 2020.

Baik KA dari dan menuju Jakarta, Bandung, Solo, Yogyakarta, dan kota-kota lainnya. Jumlah voucher yang disediakan di tiap KA per tanggal yang ditentukan pun terbatas.

“Pengambilan voucher tidak bisa diwakilkan. Kuota pengambilan voucher per hari juga terbatas karena kami harus menerapkan physical distancing,” ujarnya.

Teknisnya, untuk voucher tiket KA Eksekutif bisa diambil mulai 7 sampai 29 November kemudian ditukarkan dengan tiket KA sebelum keberangkatan pada 8-30 November 2020.

Adapun voucher tiket KA Ekonomi dapat diambil mulai 11-29 November untuk ditukarkan dengan tiket KA sebelum keberangkatan pada 12-30 November 2020.

Voucher hanya berlaku untuk KA keberangkatan dari wilayah pengambilan voucher. Misalnya pengambilan voucher di Customer Service Stasiun Surabaya Gubeng, maka voucher hanya berlaku untuk KA keberangkatan dari Surabaya Gubeng, Surabaya Pasar Turi, dan Malang.

“Jadi, kami hanya menggratiskan tiket KA nya saja. Sementara untuk biaya Rapid Test sebesar Rp85.000 di stasiun menjadi tanggung jawab pengguna voucher,” kata Fredi. (den/ang/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
29o
Kurs