Rabu, 8 Desember 2021

Selama Libur Panjang, PT KAI Daop 1 Jakarta Total Berangkatkan Lebih 36 Ribu Penumpang

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Ilustrasi. Penumpang menaiki Kereta Api Turangga tujuan Surabaya Gubeng di Stasiun Gambir, Jakarta, Kamis (20/8/2020). Foto: Antara

Eva Chairunisa Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta mengatakan, sepanjang masa libur panjang periode 27-31 Oktober 2020, pihaknya secara total telah memberangkatkan 36.316 penumpang KA dari Stasiun Gambir, Pasar Senen dan Jakarta Kota.

Kata Eva, pada penghujung momen libur, Minggu (1/11/2020) mulai terdapat peningkatan arus kedatangan penumpang KA di sejumlah stasiun area PT KAI Daop 1 Jakarta.

“Kemarin (1/11/2020) tercatat sekitar 12.572 penumpang KA Jarak Jauh yang turun di area Daop 1 Jakarta diantaranya Stasiun Gambir 4.352 penumpang, Pasar Senen 5.459, Bekasi 1.012, Jatinegara 1.588, Jakarta Kota 42, Karawang 68 dan Cikampek 51 penumpang,” ujar Eva di Jakarta, Senin (2/11/2020).

Adapun prediksi arus balik tertinggi akan terjadi pada hari ini Senin (2/11/2020) yang mencapai 14.051 penumpang KA berasal dari wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Sedangkan untuk keberangkatan KA dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen, menurut dia, masih terdapat peningkatan jika dibandingkan akhir pekan minggu lalu dengan rata-rata penumpang sekitar 2.600 per hari.

“Untuk Minggu 1 November 2020 melalui data sementara terdapat 4.919 penumpang yang berangkat dari 9.042 Tempat Duduk (TD) yang disediakan. Jumlah tersebut diprediksi dapat mengalami peningkatan, mengingat proses reservasi masih dibuka dan akan terdapat pembelian tiket di loket go show yang dibuka 3 jam sebelum keberangkatan,” jelasnya.

Untuk kedatangan KA, PT KAI Daop 1 Jakarta memastikan bahwa pengguna KA yg tiba adalah penumpang yang sudah mengikuti persyaratan, seperti melampirkan surat keterangan rapid test dan pengecekan suhu tubuh normal yang dilakukan secara berkala sejak dari stasiun keberangkatan baik dari area Jawa Timur, Jawa Tengah atau jarak menengah lainnya seperti Bandung dan Cirebon. Hal tersebut merupakan SOP yang wajib dilakukan untuk keseluruhan pemberangkatan KA semua stasiun.

Selain itu, sebagai upaya pencegahan covid 19 para pengguna tetap diwajibkan menggunakan Faceshield saat tiba di stasiun tujuan, dan dihimbau untuk memakai baju lengan panjang.

Sebagai antisipasi, pada setiap kereta juga telah dilengkapi ruang isolasi sementara jika sewaktu2 diperjalanan kedapat penumpang dengan suhu tubuh 37,3 atau lebih. Selanjutnya penumpang dengan kondisi tersebut akan diturunkan di Stasiun terdekat yg memiliki pos kesehatan untuk penanganan lanjutan

PT KAI Daop 1 juga memastikan upaya pencegahan penyebaran Covid 19 juga dilakukan dari sisi prasarana stasiun dan sarana kereta. Seluruh area dan perangkat yang rentan disentuh banyak orang dibersihkan menggunakan cairan disinfektan secara rutin setiap 30 menit sekali, kesiapan penyediaan perangkat pembersih tangan seperti cairan antiseptik dan perangkat cuci tangan yang dilengkapi sabun dipastikan selalu tersedia dan berfungsi baik.(faz/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Suasana Unjuk Rasa Melewati Basra

Surabaya
Rabu, 8 Desember 2021
25o
Kurs