Sabtu, 28 November 2020

Dirut PDAM: Layanan Online Akan Diperkuat

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Kantor PDAM Surya Sembada Kota Surabaya. Foto: Istimewa

Mujiaman Sukirno Direktur Utama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada mengatakan, secara perlahan perusahaanya mulai mengalihkan layanan berbasis daring. Hal ini sebagai respons situasi pandemi Covid-19 yang memaksa peralihan peradaban manusia seluruh dunia berubah untuk mengurangi waktu bertatap muka.

“Kita sudah membuka layanan secara online, mulai dari pengaduan pelanggan, pembayaran rekening tagihan sampai pendaftaran pemasangan jaringan baru. Semuanya dilakukan online,” kata Mujiaman Sukirno, saat videoconference dengan awak media, Rabu(20/5/2020) sore.

Menurut Mujiaman, pengendalian operasional perusahaan dengan sistem digital akan diperkuat lagi ke depan, supaya pelayanan ke pelanggan PDAM untuk suplai air bersih terus terjaga.

Dia mengungkapkan, upaya yang telah dilakukan oleh PDAM saat ini, yakni mengurangi 20 persen jam kerja para karyawan atau hanya 140 jam per-bulan, selebihnya bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH). Kemudian jumlah karyawan yang kerja di kantor juga telah dikurangi antara 40-50 persen.

Dia menjelaskan, jika dulu sebelum pandemi Covid-19, PDAM Surya Sembada karyawannya yang bekerja di kantor sebanyak 25 orang, maka kini berkurang menjadi 5 orang. Tentunya cara WFH seperti ini akan dipertahankan untuk kelangsungan hidup karyawan dan pelanggan.

“Kita ingin para karyawan PDAM sejahtera dan tetap bertahan di tengah pandemi. Mereka tetap akan bekerja, meski hanya dari rumah dengan penyesuaian jam kerja. Nanti kita akan mewawancarai seluruh karyawan di tiap-tiap departemen mengenai pekerjaannya, apakah bisa dikerjakan dari rumah atau tidak. Ini penting karena ke depan kita harus bisa menghadapi kehidupan dengan peradaban baru ditengah virus corona,” jelasnya.

Dia mengaku, selama 20 tahun dirinya bekerja diberbagai perusahaan, sering dirinya melakukan pekerjaan di rumah. Jika di teladani, maka hal itu akan menjadi kenikmatan bagi kita untuk bekerja dari rumah.

“Ya kalau saya diizinkan memimpin perusahaan selama 20 tahun lagi, saya jamin para karyawan PDAM bisa menikmati itu. Sekarang yang sedang saya siapkan yaitu para karyawan untuk lebih produktif dengan capaian yang terus meningkat, meski harus bekerja ditengah pandemi Covid-19,” katanya. (bid/tin)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Hujan Deras di Balonggebang Nganjuk

Kemacetan di Perak Barat

Kecelakaan di Simpang Empat Mertex Mojokerto

Surabaya
Sabtu, 28 November 2020
29o
Kurs