Rabu, 24 April 2024

Eijkman: Perlu Percepatan Pemeriksaan Massal Covid-19 di Indonesia

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi. Grafis: suarasurabaya.net

Herawati Sudoyo Wakil Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman bidang Penelitian Fundamental, mengatakan perlunya percepatan pemeriksaan massal terkait Covid-19 di tengah masyarakat Indonesia untuk mempercepat penanganan virus tersebut.

“Kunci menuju sukses untuk menangani Covid-19 adalah lakukan diagnostik cepat dan menyeluruh, tidak hanya kasus berat saja,” kata Herawati seperti dilaporkan Antara, Rabu (29/4/2020).

Menurut dia, sejumlah strategi untuk percepatan penanganan Covid-19 di Indonesia di antaranya menemukan dan memeriksa individu terkait penularan Covid-19 dengan melakukan pemeriksaan dalam jumlah besar atau massal adanya virus dengan metode Rapid Test Molekuler atau Tes Cepat Molekuler.

Herawati menuturkan cara yang paling tepat untuk pemeriksaan Covid-19 dilakukan dengan menggunakan metode gold standard yakni Quantitative Reverse Transcription – Polymerase Chain Reaction (qRT-PCR).

Tes dengan qRT-PCR juga memungkinkan untuk mencari mereka yang tidak memiliki gejala karena imunitas yang tinggi, tetapi sebenarnya pembawa virus.

“Orang tanpa gejala inilah yang bisa menularkan virus secara luas,” ujar Herawati.

Tes sangat bergantung pada kesediaan reagensia, fasilitas memadai dan sumber daya manusia (SDM).

Startegi lain adalah mengurangi penularan antar individu dan kontak antar anggota. Di sini jaga jarak atau “social dan physical distancing” sangat berperan.

Dalam penanganan Covid-19, pelayanan kesehatan juga harus memadai di Tanah Air. Hal ini akan berkaitan dengan jumlah penularan di rumah sakit atau klinik medik yang juga tinggi. Ini akan makin menambah jumlah kasus di Indonesia.

Ketersediaan sumber daya termasuk sumber daya manusia bidang kesehatan dan peralatan pendukung untuk penanganan Covid-19 juga menjadi penting dan harus dipastikan memadai.

Menurut Herawati, kunci kesuksesan penanganan Covid-19 sekarang ini adalah koordinasi yang baik dari beberapa aspek, tidak bisa berdiri sendiri.

Penanganan medis dan non medis harus bekerja menyeluruh dan kolaboratif. Sumber daya dari seluruh pihak lintas institusi dan bidang menjadi kekuatan untuk mengatasi Covid-19.(ant/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
28o
Kurs