Kamis, 25 Februari 2021

Emosi Negatif Bisa Sebabkan Psikosomatis, Berbahaya Saat Pandemi Covid-19

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Ilustrasi. Coronavirus Disease (Covid-19). Grafis: Didik suarasurabaya.net

Emosi negatif seperti cemas, stres, dan khawatir bisa menyebabkan psikosomatis atau keluhan fisik yang muncul akibat masalah psikis yang berbahaya di tengah kondisi pandemi Covid-19.

“Yang menjadi bahaya karena begini, kondisi emosi yang negatif sangat jelas dapat menurunkan imun atau antibodi. Stres, cemas, khawatir, takut dapat menurunkan imun atau antibodi. Menurunnya antibody ini yang jika virus masuk, maka kondisi badan menjadi mudah terjangkit virus corona,” ujar Diana Rahmasari Kepala Departemen Psikologi Unesa sekaligus Tim Crisis Center Covid-19 Unesa pada Kamis (2/4/2020).

Padalah, seperti diketahui, imun yang kuat dapat membantu seseorang agar tidak terpapar virus. Secara sederhana, ia menyontohkan, dalam keadaan stres dan capek, seseorang dapat dengan mudah tersedang flu atau sakit ringan lain.

“Nah jika yang masuk adalah virus corona (Covid-19) ini kan menjadi bahaya,” katanya.

Untuk mengatasi hal itu, Diana menyarankan masyaakat agar tidak hanya menjaga kondisi fisik dan kebersihan, tapi juga membiasakan berpikir positif. Salah satu yang bisa dilakukan yaitu dengan mengonsumsi berita positif dan edukatif tentang Covid-19.

Selama berada di rumah, masyarakat juga bisa membuat alternatif kegiatan yang seru agar terhindar dari kebosanan. Tetap terhubung dengan teman dan kolega melalui layanan online juga diperlukan agar masyarakat tidak merasa terisolasi.

“Selain itu, mengubah mindset terhadap kondisi saat ini dengan berpikir positif. Memaknai kondisi di rumah aja secara positif. Ambil hikmahnya seperti bisa lebih dekat dengan keluarga, lebih punya waktu menjalankan hobi seperti masak, menulis, membuat prakarya, dan lain-lain juga lebih bisa meningkatkan ibadah,” pungkasnya. (bas/ang/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Mobil Masuk Sungai di Jemursari

Truk Tabrak Rumah di Purwosari

Penambalan Jalan di Kletek

Operasi Sidoresik di Gedangan

Surabaya
Kamis, 25 Februari 2021
24o
Kurs