Selasa, 29 September 2020

Hati-hati Penipuan Mengatasnamakan BNPB Untuk Cari Donasi

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Akun palsu yang mengatasnamakan BNPB untuk melakukan penipuan. Foto: Antara

Agus Wibowo Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB mengingatkan kepada masyarakat agar berhati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan BNPB, untuk mencari donasi masyarakat dalam penanggulangan bencana.

“BNPB mendapati pemilik akun Instagram yang mengatasnamakan BNPB untuk pembukaan donasi uang di tengah pandemi Covid-19. Pengguna media sosial Instagram tersebut menggunakan akun bnpb.go.id,” kata Agus Wibowo, dilansir Antara, Minggu (12/4/2020).

Akun palsu BNPB ini juga menuliskan biodata “Akun BNPB Berbasis Menerima Bantuan Berupa Uang Tunai Yang Donatur kasih kan di simpan buat Uang Kas IndOnesia”. Pada akun tersebut menggunakan logo BNPB dan tulisan BNPB Provinsi.

Pemilik akun mencantumkan nomor rekening BNI yang digunakan untuk menerima donasi dari masyarakat.

Akun tersebut telah mengunggah tujuh konten berupa foto dan video yang menjelaskan mengenai kondisi warga yang terkena dampak bencana, baik itu banjir maupun gempa bumi yang merupakan kejadian pada waktu lalu.

“BNPB mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dalam menyikapi bentuk informasi, khususnya di media sosial, yang digunakan untuk menggalang donasi,” kata Agus.

Menindaklanjuti akun tersebut, BNPB telah menghubungi pihak BNI dan Instagram untuk pemblokiran.

Terkait dengan penerimaan donasi, Gugus Tugas telah memiliki rekening yang secara resmi digunakan untuk membantu penanganan Coronavirus Disease 2019 atau Covid–19.

Sebelumnya Doni Monardo Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) serta Kejaksaan untuk ikut mengawasi berbagai kegiatan dan pemanfaatan penggunaan bantuan yang diberikan berbagai pihak untuk menghadapi pandemi Covid-19.

Doni berharap, ada transparansi dan akuntabilitas dalam penanganan wabah Covid-19 sekarang ini agar tidak terjadi korupsi di tengah upaya besar untuk menghadapi bencana.

Kepala BNPB ini meminta aparat hukum untuk menindak tegas siapa pun yang berupaya untuk mengambil keuntungan pribadi di tengah usaha bersama menyelamatkan bangsa dari ancaman Covid-19.

Doni juga mengajak masyarakat dan media untuk ikut mengawasi berbagai bantuan yang telah diberikan banyak negara dan kelompok masyarakat untuk menanggulangi Covid-19. (ant/ang)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Kemacetan di Raya Taman arah Bundaran Waru

Bypass Krian arah Mojokerto Macet

Underpass Satelit arah Mayjen Sungkono Macet

Kemacetan di Manukan

Surabaya
Selasa, 29 September 2020
35o
Kurs