Sabtu, 26 September 2020

Hingga Hari ke 2, Pendaftar Jalur SKM ITS Capai 213 Peserta

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Dr Siti Machmudah S.T., M.Eng., Direktur Pendidikan ITS pada sebuah daring. Foto: Humas ITS

Pendaftaran mahasiswa baru jalur Seleksi Kemitraan dan Mandiri (SKM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dibuka secara resmi sejak Senin (3/8/2020), dan hingga hari kedua Selasa (4/8/2020) telah tercatat 213 pendaftar dan 45 di antaranya telah finalisasi.

Pendaftaran jalur SKM ITS ini dijadwalkan berlangsung sampai dengan Sabtu (22/8/2020)mendatang. Dr Eng Unggul Wasiwitono S.T., M.Eng., Sc., menyampaikan bahwa tujuan dari penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SKM ini tidak lain adalah untuk menjaring calon mahasiswa yang berkualitas dan meningkatkan kerja sama serta pemerataan kesempatan bagi calon mahasiswa.

Dalam pelaksanaanya, program SKM ITS terbagi menjadi dua jenis, yakni Seleksi Kemitraan dan Seleksi Mandiri. Seleksi Kemitraan diperuntukkan calon mahasiswa yang merupakan utusan instansi mitra yang mempunyai nota kesepahaman (kerja sama) dengan ITS. “Sedangkan seleksi Mandiri, diperuntukkan bagi masyarakat umum yang berminat,” terang Unggul Wasiwitono yang juga dosen Departemen Teknik Mesin ini.

Ditambahkan Dr Siti Machmudah S.T., M.Eng., Direktur Pendidikan ITS dengan melihat dari peluang penerimaan mahasiswa melalui jalur SKM, antusiasme peserta sangat tinggi setiap tahunnya. “Bisa dilihat selama dua hari ini, pendaftar sudah mencapai 213, dengan rincian 168 mendaftar belum finalisasi dan 45 sisanya sudah,” kata Siti Machmudah.

Mekanisme seleksi masuk jalur SKM sendiri, lanjut Machmudah dapat diikuti oleh pendaftar dari SMA/MA/SMK sejenis lulusan tahun 2018, 2019 dan 2020. “Seleksi SKM ITS akan didasarkan pada nilai UTBK tahun 2020 atau nilai Tes Kemampuan Akademik ITS, nilai rapor, deskripsi diri dan prestasi lainnya,” lanjut Machmudah.

Khusus untuk peminat program studi Desain Produk Industri, Desain Komunikasi Visual dan Desain Interior dari Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital, tambah Machmudah wajib mengunggah portofolio. “Pengerjaan portofolio sendiri dijadwalkan pada tanggal 21 Agustus, di mana peserta akan diberikan soal pada tanggal tersebut,” ujar Machmudah.

Selain itu, peserta juga harus mengikuti Tes Kemampuan Akademik (TKA) ITS yang dilaksanakan secara daring. Tes ini digunakan untuk menilai potensi dan kemampuan belajar calon mahasiswa. TKA-ITS mengukur kemampuan verbal, kuantitatif, logika dan spasial.

“Peserta diharapkan mempersiapkan kelengkapan tes seperti laptop dengan sistem operasi Windows 10, Webcam, akun Zoom Meeting, dan kecepatan internet di atas 5 Mbps,” urai Machmudah, Rabu (5/8/2020).

Jadwal TKA untuk SKM ini dilaksanakan pada Senin (3/8/2020) sampai dengan Jumat (7/8/2020), dan untuk International Undergraduate Program (IUP) pada Senin (24/8/2020). “Selanjutnya hasil seleksi akan diumumkan pada 28 Agustus dan calon mahasiswa dapat melakukan daftar ulang pada tanggal 31 Agustus hingga 3 September 2020,” papar Machmudah yang juga dosen Departemen Teknik Kimia ini.

Machmudah berharap, seleksi penerimaan mahasiswa jalur SKM ini dapat berjalan lancar. Ia juga menyampaikan pesan kepada para calon peserta yang berminat mendaftar diharapkan terus memantau info di website ITS. “Sebaiknya lakukan pendaftaran segera, jangan mendaftar pada saat mendekati deadline agar lebih banyak persiapan,” pungkas Machmudah.(tok/ipg)

Berita Terkait
NOW ON AIR SSFM 100

M. Aprileo Habie

Potret NetterSelengkapnya

Kemacetan di Raya Taman arah Bundaran Waru

Bypass Krian arah Mojokerto Macet

Underpass Satelit arah Mayjen Sungkono Macet

Kemacetan di Manukan

Surabaya
Sabtu, 26 September 2020
26o
Kurs