Jumat, 29 Maret 2024

Istri Cak Nur Positif Covid-19, Dinkes Sidoarjo Akan Tes Covid-19 Semua Anggota Keluarga

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Almarhum Nur Ahmad Syaifuddin (kiri) Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Sidoarjo dan sang istri Turidatus Salimah. Foto: Instagram/caknurahmad

Turidatus Salimah Istri Almarhum Nur Ahmad Syaifuddin Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Sidoarjo dipastikan positif Covid-19. Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo akan melakukan tes swab terhadap semua anggota keluarga.

Syaf Satriawarman Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo menyatakan, hasil tes swab istri Cak Nur sudah keluar dan hasilnya positif terjangkit Covid-19. “Baru istrinya (positif Covid-19),” ujarnya, Minggu (23/8/2020).

Setelah keluarnya hasil tes PCR tersebut, istri Cak Nur diminta untuk isolasi mandiri di rumahnya, di Janti, Waru, karena yang bersangkutan memang tidak menunjukkan gejala klinis Covid-19 atau tanpa gejala.

Dinkes Sidoarjo, kata Syaf, akan segera melakukan tes swab terhadap semua anggota keluarga mendiang Cak Nur. Menurutnya, ini perlu dilakukan karena semua anggota keluarga di rumah mereka di Janti, Waru, jadi kontak erat.

“Besok seluruh kontak yang di rumah akan kami swab,” kata Syaf.

Sebagaimana diketahui, Almarhum Wakil Bupati dua periode itu meninggal Sabtu (22/8/2020) sore akibat mengalami hipoksia dan koagulasi akibat penyakit Covid-19 yang dia derita. Cak Nur terkonfirmasi positif dari hasil tes kemarin.

Selain melakukan rangkaian tes Covid-19 terhadap keluarga Cak Nur, Dinkes Sidoarjo juga akan melakukan pendataan atau melacak siapa saja yang pernah kontak dengan Almarhum Cak Nur selama 10 hari terakhir.

Kemarin, Syaf sempat menyampaikan bahwa kondisi kesehatan Cak Nur sudah menampakkan gejala sejak 10 hari sebelum wafat. Rabu kemarin misalnya, Cak Nur juga sempat mengikuti Rapat Paripurna di DPRD Sidoarjo.

“Kami akan mendata siapa saja yang kontak erat dengan beliau,” ujar Syaf Satriawarman.

Rencananya, terhadap orang-orang yang pernah berinteraksi langsung dengan Mendiang Cak Nur, Dinkes akan menggelar tes swab massal Senin (24/8/2020) besok bersamaan dengan tes swab terhadap keluarga Cak Nur.

“Besok Senin, keluarga dan ajudannya, semuanya akan kami swab,” katanya.(den/tin/lim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs