Jumat, 4 Desember 2020

KAI: Penumpang Wajib Bermasker Selama Perjalanan

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Ilustrasi. Penumpang kereta jarak jauh atau antarkota diwajibkan menggunakan pelindung muka (face shield). Foto: KAI

PT Kereta Api Indonesia (KAI) memastikan bahwa protokol kesehatan tetap dijalankan dengan ketat baik oleh petugas maupun penumpang yang harus memakai alat pelindung diri. Seperti masker dan pelindung wajah (face shield) selama perjalanan, untuk mencegah infeksi Covid-19.

“Saat berada di stasiun itu wajib menggunakan masker, kemudian untuk perjalanan KA mereka wajib menggunakan masker, face shield, dan juga kemudian mengikuti ketentuan pengukuran suhu tubuh berkala sepanjang perjalanan,” kata Eva Chairunisa Kepala Humas KAI Daop I Jakarta, dilansir Antara, Jumat (9/10/2020).

Menurut Eva, untuk memastikan protokol kesehatan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan (3M) tetap dijalankan, petugas dari PT KAI akan melakukan pemeriksaan berkala terhadap penumpang selama perjalanan.

Jika dalam pemeriksaan suhu berkala itu ada penumpang yang memiliki suhu di atas 37,5 derajat Celcius, maka akan ditempatkan di ruangan isolasi yang berada di dalam kereta api. Selanjutnya orang tersebut akan diturunkan di stasiun terdekat yang memiliki fasilitas kesehatan.

Penumpang yang ingin menggunakan transportasi kereta sendiri harus menunjukkan surat hasil tes cepat atau tes usap, mengacu pada surat edaran dari Kementerian Perhubungan.

Selain itu, PT KAI memastikan fasilitasnya lengkap untuk melakukan 3M dengan menempatkan tempat mencuci tangan di berbagai titik strategis di stasiun dan memastikan penumpang menjaga jarak baik saat berada di peron maupun ketika berada di gerbong.

Penerapan protokol kesehatan itu diapresiasi oleh salah satu penumpang, Shofi, yang menggunakan jasa PT KAI untuk kembali ke kampung halamannya di Tasikmalaya baru-baru ini.

Menurut penumpang kereta ekonomi Serayu yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen itu, dia melihat prinsip 3M diterapkan dengan baik oleh petugas dan penumpang.

Menurut Shofi, di dalam kereta pun 3M juga berlaku di dalam perjalanan dengan masing-masing wajib selalu memakai pelindung wajah dan duduk penumpang diatur selang-seling.

“Sebelum masuk disediakan tempat cuci tangan lalu diperiksa surat rapid test dan suhu tubuhnya dan dikasih face shield gratis sama KAI. Saat naik diperiksa suhu tubuh lagi. Aku lihat semuanya berjalan baik, jadi merasa aman naik kereta,” kata Shofi ketika dihubungi via telepon. (ant/ang)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Mobil Terguling di Tol

Mobil Nyaris Masuk Sungai di Wiyung

Kebakaran Rumah, 12 PMK Di lokasi

Kecelakaan L300 Tabrak Pembatas Tol Sumo

Surabaya
Jumat, 4 Desember 2020
29o
Kurs