Jumat, 19 April 2024

Ketua GP Ansor Jatim: Gus Yaqut Punya Komitmen Nasionalisme dan Kebangsaan Tinggi

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Yaqut Cholil Qoumas Ketua Umum GP Ansor saat diumumkan menjadi Menteri Agama, Selasa (22/12/2020) di Istana Kepresidenan, Jakarta. Foto: Youtube Sekretariat Presiden

Syafiq Syauqi Ketua GP Ansor Jatim mengomentari terpilihnya Yaqut Cholil Qoumas Ketua Umum GP Ansor menjadi Menteri Agama. Menurutnya, Gus Yagut Ketum GP Ansor punya komitmen nasionalisme dan kebangsaan tinggi.

Pria yang akrab disapa Gus Syafiq itu bilang, Gus Yaqut juga punya kapabilitas untuk menyelesaikan sejumlah urusan yang berkaitan dengan keagamaan dan antarumat beragama di republik ini.

“Terutama masalah radikalisme. Karena konsentrasinya sudah sejak beberapa tahun lalu. Saya yakin beliau punya rumusan dan kebijakan menjadikan bangsa ini damai, rukun, dan toleran,” katanya dihubungi melalui telepon, Selasa (22/12/2020).

Gus Syafiq melanjutkan, untuk urusan-urusan umat, terutama terkait pesantren, regulasi haji, dan sebagainya, Gus Yaqut juga punya kapasitias untuk mengelola permasalahan yang ada. Karena selama Ansor juga menggeluti masalah itu.

“Beliau sudah membuktikan komitmennya dan saat ini beliau harus membuktikan untuk negara. Dan kami (Ansor) rela mewakafkan beliau untuk bangsa Indonesia,” ujarnya.

Gus Syafiq berharap, Gus Yaqut dapat menjalankan amanah Jokowi Presiden untuk membantu Kabinet Indonesia Maju sampai selesai, menjadikan Indonesia sebagai negara yang plural dan milik bersama.

“Yang jelas beliau telah diwakafkan menjadi milik bangsa Indonesia. Sekarang kebijakannya harus untuk semua kepentingan umat, bukan hanya untuk Ansor. Kami harap beliau bisa menyelesaikan tugasnya dan memberikan kontribusi besar kepada bangsa,” katanya.(den/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
26o
Kurs