Sabtu, 20 April 2024

Kunjungi Jombang, Khofifah Serahkan Berbagai Bantuan

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur menyerahkan berbagai bantuan dari pusat maupun Pemprov Jatim untuk masyarakat di Kabupaten Jombang, Jum'at (9/10/2020) sore. Foto: Humas Pemprov Jatim

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur menyerahkan berbagai bantuan dari pusat maupun Pemprov Jatim untuk masyarakat di Kabupaten Jombang, Jum’at (9/10/2020) sore.

Bantuan yang diserahkan itu di antaranya, BLT-DD, BKK Pemberdayaan BUMDES, Kredit Pemulihan Ekonomi Nasional, Hibah Banpres Produktif Usaha Mikro, Bantuan subsidi upah/gaji, serta bantuan KUR dari berbagai perbankan Himbara termasuk Bank Jatim.

Khofifah berharap, dengan adanya bantuan itu bisa memberikan multiplier effect dan mendongkrak geliat UMKM bagi perekonomian masyarakat Jombang.

“Kita melihat kalau ini bisa disinergikan, maka multiplier effectnya bagi masyarakat Jombang tentu akan signifikan,” kata Khofifah di Pendopo Kabupaten Jombang, berdasarkan rilis yang diterima suarasurabaya.net.

Menurutnya, perlu ada sinergitas yang baik antar instansi vertikal terutama pada perbankan, sehingga pihaknya bersama instansi vertikal melakukan kunjungan keliling kabupaten/kota.

“Oleh karena itu berbagai instansi vertikal kita sinergikan, karena pada dasarnya mereka memiliki program-program yang strategis,” imbuh Khofifah.

Ditambah dengan adanya Bantuan Subsidi Upah dan Gaji dari BPJS Ketenagakerjaan, Khofifah meyakini hal itu bisa memberikan stimulus bagi geliat perekonomian rakyat.

“Melalui semua bantuan ini diharapkan akan menstimulir perekonomian masyarakat berseiring dengan tetap terkendalinya Covid-19 di Jawa Timur,” tutur Gubernur yang pernah menjabat sebagai Menteri Sosial RI.

Dalam acara tersebut diserahkan total 4.005 buah Sertifikat Hak Atas Tanah yang merupakan program strategis nasional. Dalam hal ini Khofifah menyerahkan secara simbolis kepada Pemkab Jombang, Yayasan Pendidikan Bustanul Ulum Sebani, Perkumpulan Takmir Masjid Baiturahim Ngemplak dan lima orang warga Jombang.

Selain itu, diberikan pula Bantuan Langsung Tunai Dana Desa secara simbolis kepada lima orang warga, Bantuan Masker Pendamping Desa kepada saudara Maghfury TA-PP serta Bantua Sosi Beras kepada lima orang KPM PKH asal Jombang.

Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan Bantuan BKK Pemberdayaan BUMDES masing-masing Rp50 jt kepada BUMDesa Sari Arta Desa Pulosari Kec. Bareng, BUMDesa Loh Jinawi Desa Galengdowo Kec. Wonosalam dan BUMDesa Jaya Mahe Desa Bulurejo Kec. Diwek.

Selain bantuan sosial, pada kesempatan yang sama juga diserahkan bantuan kredit kepada UMKM dari perbankan. Dari Bank Jatim, diserahkan bantuan Kredit Dagulir kepada tiga orang, masing-masing Rp50 jt, Bantuan Kredit PEN kepada dua orang, masing-masing Rp350 jt dan Rp500 jt dan Bantuan Kredit PKPJ kepada empat orang dengan rincian, tiga orang masing-masing Rp50 jt dan satu orang senilai Rp35 jt.

Bantuan kedua dari Bank UMKM berupa Kredit Dagulir kepada tiga orang masing-masing Rp100 jt. Kemudian Banpres Produktif Usaha Mikro senilai masing-masing Rp2,4 jt kepada lima orang.

Kemudian Bantuan KUR dari Bank BNI kepada saudara Damis (KUR Peternak) Rp150 jt, M. Taufiqulloh (KUR Mikro) Rp50 jt, Tatag Satria Pandita (KUR Tebu) Rp170 jt dan M. Dhunur Roin (KUR Mikro Agen BPNT) Rp50 jt.

Bantuan lainnya juga diserahkan dari Bank BNI dan BRI yang terdiri dari Bantuan PEN senilai Rp300 jt kepada Yayuk Indah Winarsih, Bantuan BPUM masing-masing Rp2,4 jt kepada lima orang.

Sedangkan bantuan terakhir yaitu Bantuan Subsidi Upah BPJS Ketenagakerjaan diberikan kepada lima orang karyawan dan tiga orang ahli waris penerima manfaat BPJS Ketenagakerjaan masing-masing Rp42 jt. (ang)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
29o
Kurs