Senin, 27 Juni 2022

Lima Orang Pasien Corona di Jakarta Sembuh dan Diizinkan Pulang

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Dokter Achmad Yurianto Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kementerian Kesehatan/Juru Bicara penanganan Virus Corona di Indonesia, memberikan keterangan di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (3/3/2020). Foto: Farid/ dok.suarasurabaya.net

Lima orang pasien yang sebelumnya positif terinfeksi Virus Corona (COVID-19) pada Jumat (13/3/2020), dinyatakan sembuh oleh tim dokter yang merawat di rumah sakit.

Selama menjalani perawatan di ruang isolasi, kelima orang itu sudah menjalani dua kali tes sampel swab dan hasilnya negatif.

Achmad Yurianto Juru Bicara Pemerintah Khusus Penanganan Virus Corona mengatakan, mereka yang sembuh adalah pasien kasus nomor 06, 14 dan 19 yang dirawat di RSUP Persahabatan, Jakarta Timur.

Lalu, dua orang yang baru tadi siang dinyatakan sembuh adalah pasien kasus nomor 01 dan 03, yang menjalani perawatan di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta Utara.

“Pasien kasus nomor 01 dan 03 sudah diizinkan pulang. Kedua pasien itu sudah sehat, dan sudah diedukasi untuk melakukan isolasi diri selama seminggu setelah pulang. Tapi mereka belum mau pulang karena menunggu hasil pasien nomor 02. Kalau besok hasilnya negatif, maka pasien 01, 02 dan 03 bisa pulang bersama,” ujarnya di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (13/3/2020).

Selain itu, Dokter Yurianto menyebut, sembilan orang Warga Negara Indonesia bekas awak Kapal Pesiar Diamond Princess, sembuh dan boleh pulang ke Tanah Air, sesudah menjalani perawatan di Jepang.

Sembilan orang yang pulang dari Jepang itu, kata Yurianto, akan ditampung di tempat sementara, dan akan dipulangkan ke rumahnya masing-masing bersama dengan 69 orang bekas awak Kapal Diamond Princess, yang menjalani observasi selama 28 hari di Pulau Sebaru.

Pada kesempatan itu, Dokter Yurianto mengungkapkan, 188 awak Kapal Pesiar World Dream yang menjalani observasi selama 14 hari di Pulau Sebaru, dari tanggal 28 Februari 2020, sudah boleh pulang karena semuanya negatif COVID-19.

Seperti diketahui, Kamis (12/3/2020), Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan penyebaran Virus Corona sebagai pandemi global.

Berdasarkan data terbaru dalam situs thewuhanvirus, sampai malam ini total ada 138,132 kasus penyebaran COVID-19, di 131 negara.

Jumlah pasien yang terinfeksi dan meninggal dunia tercatat 5.080 orang. Sedangkan jumlah pasien yang sembuh mencapai 70.690 orang. (rid/ang/ipg)

Berita Terkait

Surabaya
Senin, 27 Juni 2022
28o
Kurs