Sabtu, 20 Agustus 2022

Mudik Idul Adha Tahun Ini, di Purabaya Diperkirakan Sepi

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Sudah beraktivitas, tetapi sampai Selasa (28/7/2020) empat hari jelang Idul Adha, Purabaya masih landai. Foto: Totok suarasurabaya.net

Mudik terkait Idul Adha tahun ini, melalui terminal Purabaya, Bungurasih Sidoarjo, diperkirakan sepi. Mengingat sampai Selasa (28/7/2020) aktivitas di terminal masih landai pasca dibukanya kembali aktivitas terminal di masa pandemi Covid-19 ini.

Tradisi mudik yang dilakukan masyarakat jelang Idul Adha tahun ini melalui terminal Purabaya, Bungurasih Sidoarjo, diperkirakan sepi. Situasi dan kondisi terminal pasca pembukaan kembali di masa pandemi Covid-19 memang masih landai.

“Sampai hari ini, setelah beberapa waktu terminal Purabaya, Bungurasih Sidoarjo dibuka kembali, kondisinya memang masih sepi, masih landai. Aktivitas memang sudah ada, tapi masih landai. Mudik Idul Adha prediksi kami pasti sepi,” terang Imam Hidayat Kepala Sub Unit (Kasubnit) Terminal Purabaya, Bungurasih Sidoarjo, Selasa (28/7/2020).

Berdasarkan catatan yang ada, sampai dengan Senin (27/7/2020) kemarin jumlah kedatangan penumpang di terminal Purabaya, masih di angka 4.000 penumpang saja sedangkan pada hari biasa kedatangan penumpang di Purabaya di kisaran 28.000 penumpang.

“Secara prosentase sampai Senin (27/7/2020) catatan kami menyebut bahwa penurunan kedatangan penumpang di terminal Purabaya, di masa pandemi ini menurun sampai -83%. Kondisinya memang seperti itu, penumpang masih sangat minim kalau dibandingkan dengan hari-hari biasa sebelum pandemi,” kata Imam.

Oleh karena itu, Imam memperkirakan sampai dengan mendekati Idul Adha yang jatuh pada Jumat (31/7/2020) penumpang pasti sepi. “Biasanya mulai ada peningkatan jumlah calon penumpang mulai seminggu menjelang Idul Adha. Hari ini empat hari menjelang Idul Adha belum ada tanda-tanda peningkatan jumlah penumpang,” ujar Imam.

Pada kondisi normal atau sebelum terjadinya pandemi Covid-19, Imam mencatat sejumlah armada bus jurusan kota-kota tertentu mulai dipadati penumpang melalui terminal Purabaya yang akan melaksanakan perayaan Idul Adha di kampung halamannya masing-masing.

“Kalau kondisi normal, jurusan tertentu memang ramai menjelang Idul Adha. Selain Madura, ada jurusan Pasuruan, Lumajang, Bondowoso, Probolinggo, dan Jember yang selalu dipadati penumpang. Bahkan seminggu sebelum Idul Adha sudah terjadi peningkatan jumlah calon penumpang. Tapi saat ini masih belum terlihat, masih landai,” tegas Imam.

Sepinya masyarakat yang akan mudik menjelang Idul Adha tahun ini melalui terminal Purabaya, diperkirakan Imam juga dikarenakan banyaknya warga masyarakat yang memilih menggunakan kendaraan pribadi untuk mudik Idul Adha, dan tidak menggunakan armada bus.

“Justru kami memang menghimbau masyarakat agar menahan diri untuk sementara tidak mudik menjelang Idul Adha ini, karena pandemi Covid-19 masih terjadi. Kalau mendesak, jangan lupa protokol kesehatan. Pakai masker, surat sehat, hand sanitizer dan tetap jaga jarak,” pungkas Imam Hidayat.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Surabaya
Sabtu, 20 Agustus 2022
24o
Kurs