Selasa, 23 April 2024

Muhdlor Janjikan Sidoarjo Youth Center untuk Pacu Sektor Kreatif Milenial

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Ahmad Muhdlor Ali Bakal Calon Bupati Sidoarjo. Foto: Istimewa

Ahmad Muhdlor Ali Bakal Calon Bupati Sidoarjo menjanjikan “Sidoarjo Youth Center” demi tingkatkan daya saing milenial di Sidoarjo. SYC bakal menjadi semacam pusat aktivitas kreatif anak-anak muda.

“Akan menjadi akselerator peningkatan daya saing sektor kreatif yang digerakkan anak muda Sidoarjo. Supaya milenial Sidoarjo tidak kalah dengan rekan-rekannya dari Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, atau Malang,” katanya Rabu (11/3/2020).

Dia bilang, gagasan itu lahir dari keprihatinan minimnya fasilitas kreatif untuk anak muda Sidoarjo. Padahal, di era sekarang, industri kreatif dengan 16 subsektornya menjadi ladang bisnis untuk mengerek kesejahteraan daerah.

Kontribusi industri kreatif ke perekonomian nasional mencapai Rp1.200 triliun dengan lebih dari 17,4 juta pekerja.

“Saya sudah keliling ketemu anak-anak muda, banyak yang mengeluh tidak ada fasilitasi dari pemerintah daerah. Mereka berjuang sendirian, bahkan sebagian lari ke Surabaya, Yogyakarta, dan Bandung,” ujarnya.

Di SYC, kata Muhdlor, akan ada studio, laboratorium film, juga studio animasi. Sehingga milenial Sidoarjo bisa belajar salah satu subsektor industri kreatif dengan lebih optimal. Juga akan ada bioskop mini.

“Komunitas film Sidoarjo jika punya karya bisa diputar di sini. InsyaAllah bakal muncul praktisi-praktisi film hebat dari Sidoarjo,” kata pria yang akrab disapa Gus Muhdlor itu.

SYC, katanya, akan dilengkapi studio musik, kelas desain, fashion, kelas fotografi, kelas food business, dan sebagainya. Juga ada co-working space tempat talenta muda-mudi Sidoarjo bertemu dan berkolaborasi melahirkan produk kreatif unggulan.

Secara berkala, di fasilitas itu juga akan digelar program mentoring menghadirkan pelaku kreatif papan atas nasional dan internasional supaya bisa membimbing anak muda Sidoarjo.

“Seluruh masyarakat dan komunitas kreatif di Sidoarjo akan bisa membawa gagasan, berkreasi, mewujudkan cita-cita, dan meningkatkan keahliannya di Sidoarjo Youth Center. Semuanya gratis,” ujarnya.

CEO Sido Resik (gerakan sosial yang mendorong perubahan positif di Sidoarjo) itu optimistis, keberadaan SYC nanti akan menumbuhkan kewirausahaan sektor kreatif yang menggerakkan ekonomi rakyat.(den/tin/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
31o
Kurs