Selasa, 16 April 2024

Ngedan di Dua Pasar Krempyeng, 200 Masker Ludes Dibagikan Besut Rusmini

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Rusmini saat memasuki pasar krempyeng di kawasan Petemon Kuburan, Surabaya. Foto: Totok suarasurabaya.net

Meimura yang memainkan lakon Besut dan Rusmini, Jumat (14/8/2020) kembali ngedan di dua pasar krempyeng dengan membagikan masker. 200 masker ludes dibagikan Besut Rusmini.

Di pasar krempyeng kawasan Petemon Kuburan, Surabaya, Rusmini hadir lengkap dengan mengenakan sampur atau selendang warna merah dilengkapi gongseng dibagian kaki lalu mendatangi beberapa pedagang di dalam pasar.

“Menarik ini. Kalau di pasar-pasar tradisional lainnya, kesadaran warga masyarakat mengenakan masker khususnya di dalam pasar tidak sebanyak di pasar krempyeng di Petemon Kuburan ini. Banyak yang sudah pakai masker. Kalau dihitung, sekitar 60 persen pedagang dan pengunjung sudah pakai masker. Bagus ini,” terang Rusmini.

Rusmini sempat berdialog dengan satu di antara pedagang yang memakai masker dengan benar. Menutupi hidung dan mulut. “Soalnya kalau pas jualan biasanya ada perangkat kampung yang patroli lihat apakah pedagang atau pembeli sudah pakai masker dengan benar,” ujar Mingsri penjual sayur.

Tapi saat Rusmini akan meninggalkan lokasi pasar di kawasan Petemon Kuburan itu, beberapa orang diantaranya adalah warga masyarakat sekitar meminta masker yang memang sudah disiapkan Rusmini. “Jangan semuanya. Nanti ada pasar lainnya soalnya. Wees cukup yoo,” ujar Rusmini meninggalkan Pasar Petemon Kuburan.

Sesuai rencana, setelah mendapatkan donasi sejumlah masker dari Satpol PP Provinsi Jawa Timur, Jumat (14/8/2020) Meimura memang berencana mendatangi pasar krempyeng dikawasan Petemon Kuburan dan kawasan Pasar Kembang, Surabaya untuk mengingatkan masyarakat tetap pakai masker sekaligus bagikan masker.

“Agenda ngedan hari ini memang ke Petemon Kuburan dan Pasar Kembang. Ini masker sudah kami siapkan untuk dibagikan, kepada masyarakat di pasar. Kalau mereka sudah pakai dengan benar maskernya, berarti kita tinggal mengingatkan agar tidak melepas masker saat beraktivitas, termasuk di dalam pasar,” ujar Meimura.

Sebelum memasuki Pasar Kembang, Meimura terlebih dahulu berganti kostum. Setelah sebelumnya menampilkan sosok Rusmini, penampilan di Pasar Kembang, Meimura melakonkan Besut, dengan dandanan pakaian serba putih serta selendang warna merah yang disandang di pundaknya.

Masyarakat yang sudah melihat penampilan Rusmini dan Besut melalui siaran televisi maupun lewat media lainnya, langsung mendatangi Meimura yang memainkan lakon Besut untuk minta masker. “Kami memang ingin membagikanmasker sekaligus mengingatkan agar tetap pakai masker. Dan sekarang sudah habis,” kata Meimura diringi senyum.

Ditanya mengapa agenda ngedan ke pasar-pasar tradisional atau pasar krempyeng dilakukan Meimura di masa pandemi Covid-19 ini, aktor sekaligus sutradara Ludruk ini mengaku karena ingin melakukan sesuatu yang memberikan manfaat sekecil apapun bagi masyarakat.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 16 April 2024
32o
Kurs