Rabu, 15 Juli 2020

Nonton Konser dan Bantu Sesama di tengah Pandemi Covid-19, Yuuuk!!

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
flyer

Menikmati konser musik secara daring, Rabu (27/5/2020) dihadirkan karantivi.com mengajak penikmat musik mencecap aneka penampilan grup band, sekaligus membantu sesama di tengah pandemi Covid-19.

Menampilkan sederet musisi dan grup band, konser musik secara daring dihadirkan lewat kanal karantivi.com, Rabu (27/5/2020) dikemas dalam panggung Musik Virtual Karantivi 2020, sekaligus berdonasi membantu sesama di tengah pandemi Covid-19.

Empat kelompok musik yang tidak asing bagi pencinta musik di Kota Surabaya, bahkan di tingkat nasional, Freedom Clan, Heavy Monster, Silam Pukau dan Rio Sidik, dijadwalkan membuka konser perdana secara virtual melalui kanal karantivi.com yang diagendakan bakal terus digelar sampai batas waktu tidak ditentukan.

Konser virtual ini tidak sebatas menikmati perform kelompok-kelompok musik atau para musisi yang tampil. Penonton bisa mengenal atau mengetahui para musisi yang tampil melalui akses podcast yang dihadirkan di sela-sela konser.

Dengan membeli tiket melalui e-banking, sejatinya penonton telah memberikan kontribusi bagi banyak orang dan banyak pihak yang ikut terlibat pada pagelaran musik secara daring ini. Termasuk kepada warga masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Artinya dengan membayar tiket yang tidak mahal, tetapi sejatinya nilai pembelian tiket itu merupakan bentuk support dan dukungan bagi banyak pihak yang secara langsung maupun tidak langsung terdampak pandemi Covid-19 yang saat ini sedang terjadi.

Pekerja seni, termasuk para musisi dan segenap pekerja pertunjukan musik juga merupakan kelompok yang terdampak pandemi Covid-19 ini secara langsung. Namun demikian, konser daring ini bukan lantas sebuah penggalangan dana atau sekedar donasi semata.

karantivi.com sendiri adalah ikhtiar para pekerja seni untuk terus mempunyai tempat menampilkan karya-karyanya sekaligus bisa di akses secara virtual. Platform yang ke depan nanti diharapkan menjadi ruang bagi para pekerja seni yang menolak menyerah meski digulung oleh keadaan sebab tak bisa menggelar pertunjukan.

Lewat https://www.karantivi.com/manifesto/ diharapkan masyarakat dan pecinta musik tanah air juga ikut berkontribusi menjaga dan terus menyalakan semangat tetap berkarya seni.

Sementara itu dihubungi di tempat berbeda, Heri Prasetyo seniman yang juga pegiat seni di Jawa Timur, menegaskan bahwa sejatinya seniman selalu mencari tempat dan ruang untuk menciptakan dan menampilkan karya-karyanya. Dan di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, daring atau internet menjadi ruang terbuka yang bisa digunakan.

“Proses berkarya seni itu akhirnya menemukan tempatnya, dan ketika pandemi seperti saat ini terjadi, maka internet atau daring menjadi satu diantara ruang yang bisa dipakai untuk berkarya dan beraktualisasi. Ini harus terus didorong agar seniman dan karya-karya seni terus hadir di tengah pandemi sekalipun,” tegas Heri Prasetyo, Rabu (27/5/2020).(tok/rst)

Berita Terkait
NOW ON AIR SSFM 100

Meinara Iman Dwihartanto

Potret NetterSelengkapnya

Fortuner Masuk Sungai Kaliwaron

Mobil Masuk Sungai di Kaliwaron

Mobil Tabrak Pohon

Jangan Sembarangan Main Layang-Layang, Guys

Surabaya
Rabu, 15 Juli 2020
27o
Kurs