Kamis, 28 Maret 2024

Pemda Diminta Pastikan Perawatan Pasien Covid-19 Sesuai Standar

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim saat meninjau RS Lapangan Covid-19 yang berlokasi di area Gedung Pusat Penelitian dan Pengembangan Pelayanan Kesehatan Jalan Indrapura 17 Surabaya beberapa waktu lalu. Foto: Dok./ Humas Pemprov Jatim

Kondisi keterisian rumah sakit di berbagai daerah saat ini sudah mencapai 80 persen. Hal ini menurut Wiku Adisasmito Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, perlu menjadi perhatian bagi pemerintah daerah (pemda) dan masyarakat. Mensurutnya langkah strategis untuk antisipasi perlu segera dilakukan agar korban jiwa akibat Covid-19 tidak bertambah, terlebih saat ini Indonesia segera memasuki masa libur panjang Natal dan Tahun Baru 2021.

“Untuk pemerintah daerah diminta segera melakukan koordinasi dengan Satgas Penanganan Covid-19 pusat dan Kementerian Kesehatan, apabila kapasitas (keterisian) rumah sakit terus mengalami peningkatan. Sehingga dapat segera diambil langkah-langkah strategis seperti pendirian rumah sakit darurat,” tegas Wiku dalam keterangan pers di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (22/12/2020).

Jika melihat kondisi kasus aktif saat ini, Wiku menyesalkannya. Karena jumlah kasus aktif di Indonesia sudah menembus angka di atas 100 ribu kasus. Dia menyatakan, hal ini menandakan bukan hanya terjadi penularan, melainkan juga terjadi peningkatan penularan Covid-19.

“Saya tekankan, jumlah kasus aktif yang sudah menembus di atas 100 ribu ini, harus menjadi alarm bagi kita semua. Para pimpinan di daerah segera evaluasi penangan Covid-19 di fasilitas kesehatan,” tegas Wiku.

Pemerintah daerah juga diminta memastikan perawatan pasien Covid-19 sesuai dengan standar. Langkah terbaik harus dilakukan untuk memastikan para pasien dapat segera sembuh dan semaksimal mungkin hindari jatuhnya korban jiwa. Apabila terdapat permasalahan, segera koordinasi pusat agar cepat dicarikan jalan keluarnya.

Untuk itu, saat ini langkah pencegahan yang dapat dilakukan masyarakat ialah dengan menerapkan 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Hal ini agar terhindar dari tertular Covid-19. “Mulailah dari diri sendiri, dan sebarkan kepatuhan ini kepada orang-orang terdekat,” pesan Wiku.(dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs