Selasa, 2 Juni 2020

Pemerintah Kembali Distribusikan Lebih 300 Ribu APD ke Seluruh Wilayah Indonesia

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Ilustrasi. Petugas kesehatan memakai kelengkapan alat pelindung diri ketika simulasi kesiapsiagaan di ruang isolasi di Rumah Sakit Pelindo Husada Citra (PHC), Surabaya, Jawa Timur, Jumat (13/3/2020). Foto : Antara

Achmad Yurianto Juru Bicara Pemerintah untuk penanganan virus Corona mengatakan kalau pemerintah telah mendistribusikan lagi 300 ribu Alat Pelindung Diri (APD) ke seluruh wilayah Indonesia.

“Sampai dengan saat ini sudah lebih dari 300 ribu APD yang kita distribusikan ke seluruh wilayah untuk digunakan oleh para tenaga kesehatan yang menangani kasus Covid-19,” ujar Achmad dalam konferensi pers di kantor BNPB, Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Jumat (3/4/2020).

Menurut Achmad, dengan APD yang memenuhi standar, maka tenaga kesehatan bisa bekerja dengan baik.

“Ini menjadi bagian yang penting karena kita tahu hanya dengan alat perlindungan diri yang benar yang ter standar, maka tenaga kesehatan bisa melaksanakan kegiatannya dengan baik,” jelasnya.

Untuk DKI Jakarta, kata dia, sudah didistribusikan sebanyak 85 APD.

“Beberapa yang sudah kita distribusikan di antaranya adalah bahwa di provinsi DKI untuk seluruh jajaran rumah sakit yang memberikan layanan di provinsi DKI telah kita kirimkan dan telah diterima tambahan lagi sebanyak 85000 unit APD,” jelasnya.

Achmad menjelaskan, jumlah ini belum mencukupi jika dihadapkan pada perkembangan kasus yang nanti akan terus berjalan.

“Oleh karena itu kami akan senantiasa mencari APD ini dan mendistribusikan kembali. DKI telah menerima 85 ribu unit,” kata dia.

Kemudian Jawa Barat dan seluruh jajaran rumah sakit yang ada di Jawa Barat, kata Achmad, sudah dikirimkan 55 ribu APD, Jawa Tengah 20 ribu, Jawa Timur 25 ribu, DIY 10 ribu, Bali 12.500, kemudian Banten 10 ribu.

Di luar Jawa Bali, menurut Achmad, juga sudah distribusikan lebih dari 5000 APD untuk masing masing provinsi.

“Ini tentunya bukan angka yang kita anggap cukup dan berhenti sampai di sini. Kita akan terus mengirimkan lebih lanjut,” pungkas Achmad.(faz/ipg)‎

Berita Terkait
NOW ON AIR SSFM 100

Nur Aini Kusuma

Potret NetterSelengkapnya

Kios Bensin di Lebak Jaya Utara Terbakar

Banjir di Tambak Sawah

Pohon Tumbang di Exit Tol Dupak

Kepadatan di Pasar Wadungasri

Surabaya
Selasa, 2 Juni 2020
29o
Kurs