Minggu, 29 Mei 2022

Pemprov Jatim Siapkan RS Paru Surabaya Tangani Pasien Covid-19 Bergejala Ringan

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Rumah Sakit Paru Surabaya. Foto: http://rsparusby.jatimprov.go.id

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim menyatakan, saat ini Pemprov sedang menyiapkan Rumah Sakit Paru yang ada di Surabaya untuk menangani Pasien Covid-19 bergejala ringan.

RS Paru yang berada di Jalan Karang Tembok No.39 Pegirian, Semampir, Kota Surabaya itu merupakan rumah sakit pemerintah milik Pemprov Jatim.

“Kami siapkan RS Paru di Surabaya, sama-sama milik Pemprov, agar fokus memberikan layanan kepada pasien Covid-19,” kata Khofifah usai mengikuti rapat koordinasi penanganan Covid-19 di Grahadi, Sabtu (26/12/2020).

Rumah Sakit Paru di Surabaya itu, kata Khofifah, menjadi bagian dari upaya Pemprov Jatim mengoptimalkan pelayanan kuratif. Kemarin, Khofifah mengumumkan, Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di Jatim kini sebanyak 145 unit.

“Dari 127 RS (rujukan) jadi 145. Dari 6.611 bed (isolasi) jadi 7.001 bed. Namun, seberapapun bed dan nakes (tenaga kesehatan) yang disiapkan, kalau tidak diikuti dengan kepatuhan protokol kesehatan, tidak akan nutut ini,” ujarnya.

Dia pun meminta masyarakat Jawa Timur untuk meningkatkan penerapan 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan). Selain itu, mendekati libur akhir tahun 2020, Khofifah juga punya harapan khusus kepada masyarakat.

“Di akhir tahun 2020 ini, kami harap masyarakat menunda liburan bersama keluarga, menghindari kerumunan, dan jangan ada perayaan penyambutan Tahun Baru yang menjadikan masyarakat berkerumun,” ujarnya.

Khofifah menyatakan, berdasarkan pengalaman pada libur panjang sebelumnya, tepatnya pada Libur dan Cuti Bersama Maulid Nabi Muhammad SAW Oktober 2020 lalu, terjadi lonjakan signifikan kasus Covid-19.(den/dfn/ang)

Berita Terkait

Surabaya
Minggu, 29 Mei 2022
27o
Kurs