Kamis, 28 Maret 2024

Satgas Jatim Cek Kesiapan RS Paru Jember untuk Penanganan Pasien Covid-19

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Rumah Sakit Paru Jember. Foot: Antara/RS Paru di Jember

Tim Kuratif Covid-19 Jawa Timur mengecek kesiapan Rumah Sakit Paru Jember untuk penanganan pasien terinfeksi virus corona jenis baru itu, seiring meningkatnya jumlah warga setempat terpapar virus mematikan tersebut.

“Hari ini Ketua Tim Kuratif Covid–19 Jatim/Direktur RSUD dr Soetomo, Tim Dinkes Jatim, PU Cipta Karya, dan BPKAD melakukan supervisi di RS Paru untuk melengkapi sarana dan prasarana sebagai rumah sakit khusus Covid–19,” kata dr Sigit Kusuma Jati Pelaksana Tugas Direktur RS Paru Jember di Jember, Sabtu (13/12/2020) malam.

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur memberi arahan kepada RS Paru Jember untuk disiapkan menjadi rumah sakit khusus menangani pasien yang terpapar virus dalam menghadapi lonjakan Covid-19 di Kabupaten Jember.

“Kesiapan menjadi rumah sakit khusus Covid-19, kami dibantu Pemprov Jatim, Satgas Covid-19 Jatim, Kodam Brawijaya, Polda Jatim bekerja sama dengan Pemkab Jember dan RSD dr Soebandi,” tuturnya seperti yang dilansir Antara.

Ia mengatakan kasus baru Covid-19 meningkat tajam, bahkan mencapai 147 kasus per hari sehingga Gubernur Jatim menghendaki ada tindakan tertentu dari Tim Covid-19 Jatim untuk menangani kasus tersebut di Jember.

“Arahan Ibu Gubernur bahwa RS Paru Jember akan dijadikan rumah sakit khusus menangani pasien Covid-19, sehingga Tim Covid-19 Jatim hari ini melakukan supervisi secara detail terkait ruangan isolasi pasien yang terinfeksi virus corona,” katanya.

Dengan dijadikan rumah sakit khusus hanya menangani pasien Covid-19, lanjut dia, seluruh pasien TBC di RS Paru akan dialihkan ke RSD dr Soebandi Jember dan sudah mendapat persetujuan dan didukung dari Direktur RSD dr Soebandi.

Di Kabupaten Jember ada beberapa rumah sakit rujukan Covid-19 selain RS Paru, di antaranya RSD dr Soebandi Jember, RS Jember Klinik, RS Bina Sehat, dan RS Citra Husada.

Berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19, jumlah kasus penambahan warga yang terkonfirmasi positif pada Sabtu malam, tercatat 105 kasus, sehingga total kasus positif mencapai 3.519 kasus. Sedangkan penambahan pasien yang sembuh 130 orang, sehingga seluruh pasien yang sembuh menjadi 2.789 orang.

Penambahan baru pasien meninggal dunia tujuh orang, sehingga total pasien Covid-19 yang meninggal menjadi 159 orang.(ant/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs