Rabu, 17 April 2024

Persiapan New Normal Warga Taman Surya Kencana

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Warga RT 08 RW 06 Taman Surya Kencana Desa Grogol Kecamatan Tulangan, Sidoarjo mengecek suhu salah satu warga dengan thermo gun. Foto: Istimewa

Kesiapan menyambut New Normal di tengah pandemi Covid-19 ditunjukkan warga RT 08 RW 06 Taman Surya Kencana Desa Grogol Kecamatan Tulangan, Sidoarjo. Setelah dua bulan lebih mereka menerapkan posko mandiri, kini mereka bersiap menerapkan protokol kesehatan di masing-masing kepala keluarga.

Bripka Nur Kholik Ketua RT 08 Taman Surya Kencana mengatakan, posko mandiri kami terapkan sejak sebelum puasa ramadan kemarin. Sesuai program kami, posko ini akan berakhir tanggal 10 Juni 2020.

“Berikutnya, tanggal 11 Juni 2020, kami akan memasuki tahapan penerapan protokol kesehatan secara mandiri di masing-masing kepala keluarga,” ujar Nur Kholik kepada suarasurabaya.net, Jumat (5/6/2020).

Nur Kholik mengatakan, mulai 5 Juni hari ini sampai tanggal 9 Juni 2020, pihaknya menggencarkan sosialisasi persiapan new normal melalui berbagai alat peraga baik itu banner, ajakan di grup media sosial maupun mengingatkan secara langsung.

“Kami juga memasang tempat cuci tangan serentak di depan rumah warga. Wajib masker dan jaga jarak. Kami juga ajak gerakan caring (berjemur di bawah mentari) bersama,” katanya.

Beberapa kesepakatan protokol itu segera diterapkan karena mengingat posko mandiri tidak mungkin dijalankan selamanya dengan keterbatasan sumber daya manusia. Selama ini warga masih bisa bergantian karena sebagian besar work from home (WFH).

“Ini kami lakukan karena posko tidak mungkin kami jalankan selamanya, mengingat faktor tenaga, SDM, dan biaya,” ujarnya.

Nur Kholik mengatakan, selama dua bulan menjalankan posko mandiri warga 68 KK di RT 08 ini cukup disiplin. Mereka berjaga dengan tiga shift. Penjagaan posko juga dilengkapi sarana swadaya seperti bilik sterilisasi dan alat thermal gun.

“Orang yang keluar masuk di RT kami juga terdata dengan rapi dan kami laporkan ke gugus tugas tingkat RW dan Desa,” katanya.

Nur Kholik berharap semangat warga untuk menyambut kehidupan normal baru bisa dibarengi dengan langkah disiplin menerapkan protokol kesehatan di rumah masing-masing. “Sehingga seluruh warga tetap sehat dan dapur keluarga bisa mengepul kembali,” katanya. (bid/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 17 April 2024
27o
Kurs