Sabtu, 4 Februari 2023

Pertunjukan Seni di Alun-Alun Surabaya Tidak Mengantongi Izin Polisi

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Pertunjukan seni di Alun-alun Surabaya mengundang kerumunan ratusan pengunjung pada Kamis (20/8/2020) malam. Foto : Abidin suarasurabaya.net

AKBP Wimboko Kasat Intelkam Polrestabes Surabaya menegaskan, kegiatan pertunjukan seni di Alun-Alun Surabaya yang mengundang kerumunan ratusan warga tidak mengantongi izin dari kepolisian.

“Pertama kegiatan tersebut kita tidak mengeluarkan izin sama sekali. Pemberitahuannya (dari Pemkot Surabaya) juga tidak ada,” ujar AKBP Wimboko dihubungi suarasurabaya.net, Jumat (21/8/2020).

Wimboko juga menjelaskan, karena kegiatan tidak izin Polisi dan tidak ada koordinasi dengan kepolisian secara resmi maka tidak ada anggota polisi yang diploting mengamankan acara yang sudah terselenggara dua hari itu.

“Tidak ada rapat sebelumnya. Tidak ada izin dari kita,” katanya.

Wimboko menegaskan, kalaupun seandainya mengajukan izin, Polrestabes Surabaya pasti tidak mengizinkan acara yang mengundang banyak kerumunan warga.

“Kita memang tidak mengeluarkan izin selama pandemi ini. Memang statusnya kan masih zona merah. Kami tidak mengizinkan,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kota Surabaya akhirnya menunda pertunjukan seni di Alun-alun Surabaya. Kebijakan ini dipilih setelah melihat dan mengevaluasi animo masyarakat yang berdampak pada kerumunan orang di kawasan Balai Pemuda itu selama dua hari kemarin.

“Tadi malam Ibu Wali Kota juga sudah melihat sendiri untuk kondisi di alun-alun dan beliau memerintahkan agar pagelaran itu sementara ditunda dulu,” ujar Irvan Widyanto Kepala BPB Linmas Kota Surabaya kepada suarasurabaya.net, Jumat (21/8/2020).

Irvan mengatakan, penundaan dilakukan untuk pertunjukan seni. Sedangkan Alun-alun Surabaya tetap dibuka dengan batasan pengunjung.

“Mulai besok (pertunjukan) ditunda dulu. Alun-alun sendiri dengan kapasitas tertentu itu tetap (dibuka),” katanya. (bid/ipg)

Berita Terkait