Senin, 28 September 2020

Peta Risiko Covid-19 Berubah: Enam Daerah di Jatim Masih Zona Merah, Surabaya Oranye

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Peta Risiko yang dimutakhirkan Satgas Covid-19 pusat per 13 September 2020. Foto: tangkapan layar situs web covid19.go.id

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 RI memutakhirkan peta risiko (zonasi) Kabupaten/Kota di Indonesia. Sampai 13 September lalu, zona merah di Indonesia menjadi 41 wilayah dari sebelumnya sebanyak 70 kabupaten/kota.

Kabupaten/Kota di Jawa Timur yang masih berstatus zona merah, berdasarkan pantauan suarasurabaya.net di peta zonasi, tinggal enam daerah.

Enam daerah yang masih berstatus zona merah itu antara lain Banyuwangi, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan dan Kota Pasuruan, Sidoarjo, serta Kota Malang.

Tidak hanya itu, ada enam daerah di Jatim yang berstatus zona kuning. Antara lain Situbondo, Sampang, Pamekasan, Tulungagung, Pacitan, dan Ngawi. Sisanya, 26 kabupaten/kota lain di Jawa Timur berstatus zona oranye.

Kota Surabaya termasuk daerah yang ditetapkan berstatus zona oranye berdasarkan pemutakhiran data peta risiko Satgas Covid-19 per 13 September itu. Data ini dimutakhirkan dua pekan sekali.

“Ini kabar baik, dengan penurunan jumlah zona merah yang turun dari 70 menjadi 41 kabupaten-kota,” kata Wiku Adisasmito Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 dalam konferensi pers dari Istana Kepresidenan Jakarta, dikutip Antara, Selasa (15/9/2020).

Satgas Penanganan COVID-19 mencatat pada awal pekan terjadi penurunan risiko penularan COVID-19 di 34 kabupaten-kota yang sebelumnya adalah zona merah, kini berubah menjadi zona oranye atau wilayah risiko penularan sedang.

Oleh karena itu pula, jumlah wilayah zona oranye pada pekan ini meningkat menjadi 293 kabupaten/kota dari sebelumnya hanya 267 kabupaten/kota. Peningkatan zona oranye ini indikasi adanya peningkatan risiko dari wilayah yang sebelumnya zona hijau.

“Zona oranye mohon betul-betul untuk memperhatikan agar pengendalian kasusnya diperhatikan, dan protokol kesehatan dijalankan agar zonanya menjadi zona ringan dan tidak ada kasus baru lagi,” ujar dia.

Satgas juga mencatat peningkatan jumlah zona kuning atau wilayah risiko rendah. Sayangnya, untuk zona hijau yang merupakan wilayah dengan tidak ada kasus baru dan tidak terdampak juga ikut menurun.

“Zona hijau (wilayah tidak terdampak) dari 25 sekarang tinggal 22 yang tidak ada kasusnya. Kami mohon daerah-daerah di 22 kabupaten/kota (yang sudah hijau) betul-betul dijalankan protokolnya,” kata Wiku.

Peta risiko penularan Covid-19 di Indonesia itu untuk selengkapnya dapat diakses di situs resmi www.covid19.go.id. Sampai Selasa ini, jumlah kasus positif COVID-19 di Indonesia tercatat mencapai 225.030 dengan 161.060 pasien dinyatakan sembuh dan 8.965 pasien meninggal dunia.(ant/den)

Berita Terkait
NOW ON AIR SSFM 100

Fabian Yudhistira

Potret NetterSelengkapnya

Kemacetan di Raya Taman arah Bundaran Waru

Bypass Krian arah Mojokerto Macet

Underpass Satelit arah Mayjen Sungkono Macet

Kemacetan di Manukan

Surabaya
Senin, 28 September 2020
26o
Kurs