Senin, 5 Desember 2022

Polda Jatim Kerahkan Ribuan Personel Amankan Aksi Tolak Omnibus Law Besok

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Ilustrasi. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Polda Jatim akan mengerahkan ribuan personel untuk mengamankan kegiatan aksi tolak Omnibus Law, yang berlangsung besok Rabu (11/3/2020). Kegiatan yang bertitik kumpul di Bundaran Waru Sidoarjo itu akan diikuti sekitar 2.000 massa gabungan.

Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko Kabid Humas Polda Jatim mengatakan, ada dua jajaran polres yang dikerahkan. Polres Sidoarjo akan mengamankan jalur masuk Surabaya (titik kumpul). Kemudian, Polrestabes Surabaya mengamankan titik aksi.

Diperkirakan, lanjut dia, ribuan massa itu akan bergerak ke Gedung Negara Grahadi (Grahadi) Surabaya dan kantor DPRD Jatim. Polisi lalu lintas juga akan dilibatkan untuk mengarahkan pengendara saat massa aksi mulai bergerak.

“Dari Polres Sidoarjo menyiapkan 560 personel untuk mengamankan jalur menuju Bundaran Waru. Untuk Polrestabes Surabaya juga menyiapkan diri dari titik kumpul sampai pengamanan ke titik aksi. Ada 2.872 personel, itu juga sudah backup dari Polda,” kata Trunoyudo, Selasa (10/3/2020).

“Penyekatan juga akan kami lakukan untuk meminimalisasi kerawanan tidak tertib, tidak gunakan helm, gunakan jalan yang tidak semestinya. Ini kami lakukan secara persuasif,” tambahnya.

Untuk waktu pelaksanaan kegiatan itu, Trunoyudo mengaku belum bisa memastikan. Namun, anggota sudah dikerahkan sejak pagi. Sementara dari salah satu postingan di Instagram terkait kegiatan itu, gerakan tolak Omnibus Law akan dilaksanakan pukul 13.00 WIB.

“Waktunya masih tentatif. Karena mereka (massa, red) juga belum fix rapatnya. Ini katanya masih melaksanakan rapat juga mereka,” kata dia.

Sementara itu, Kombes Pol Sandi Nugroho Kapolrestabes Surabaya mengaku juga sudah mempersiapkan personel untuk pengamanan besok. Dia mengimbau, agar massa besok bisa menyuarakan agendanya dengan kondusif, tidak menggangu ketertiban umum dan menghargai hak-hak orang lain.

“Kami yakin Jatim sudah sangat dewasa dalam menyikapi dinamika tentang menyuarakan agenda yang diselenggarakan masing-masing pihak. Kami imbau, laksanakan agendanya baik-baik, kondusif, dan sama-sama kita jaga Surabaya,” ujarnya. (ang/bas/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Muatan Truk Jatuh Menutup Lajur di Jalan Dupak

Menerjang Kemacetan di Jembatan Branjangan

Atap Teras Pendopo Gresik Roboh

Surabaya
Senin, 5 Desember 2022
29o
Kurs