Rabu, 25 November 2020

Presiden: Wisma Atlet Kemayoran Siap Menampung 3000 Pasien Positif COVID-19

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Penampakan ruangan Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat yang diubah sementara menjadi RS darurat COVID-19. Foto: Istimewa

Sebagian Wisma Atlet yang ada di daerah Kemayoran, Jakarta Pusat, mulai sore hari ini, Senin (23/3/2020), akan berfungsi sebagai rumah sakit darurat penanganan wabah Virus Corona (COVID-19).

Pagi hari ini, Joko Widodo Presiden memeriksa langsung persiapan pengoperasian rumah sakit darurat tersebut, bersama Erick Thohir Menteri BUMN dan Doni Monardo Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

Sesudah memeriksa beberapa lantai di Tower 7, Presiden mengatakan Wisma Atlet Kemayoran sementara ini siap menampung 3000 pasien positif Corona, dari total daya tampung sekitar 24 ribu orang.

Menurut Jokowi, ruang perawatan sudah tertata dengan baik. Manajemen ruangan terpisah antara pasien, ruang dokter dan paramedis, juga ruang observasi dan isolasi.

Sarana prasarana juga kata Presiden sudah siap untuk menangani pasien positif COVID-19, seperti ventilator dan alat pelindung diri (APD) untuk tim medis.

“Wisma Atlet ini memiliki kapasitas 24 ribu orang. Sekarang yang sudah disiapkan untuk tiga ribu pasien. Ruangannya telah ditata dengan manajemen yang baik, untuk pasien, untuk dokter dan untuk paramedis semuanya ditempatkan dengan manajemen ruangan berbeda. Sarana prasarana juga telah siap untuk penanganan pasien seperti ventilator, dan APD juga siap,” ujarnya.

Jokowi Presiden berharap, rumah sakit rujukan pemerintah mampu menangani pasien kasus COVID-19, sehingga rumah sakit darurat tidak terlalu banyak menampung pasien, atau bahkan tidak digunakan.

“Saya berharap rumah sakit darurat Corona ini tidak digunakan. Artinya, rumah sakit yang ada yang disiapkan pemerintah jauh hari sebelumnya bisa melaksanakan penanganan Virus Corona,” harap Presiden.

Sebelumnya, Marsekal Hadi Tjahjanto Panglima TNI menginstruksikan dokter dan tenaga medis TNI terutama yang masih muda, bertugas di rumah sakit darurat penanganan Virus Corona.

Sekadar informasi, Wisma Atlet Kemayoran dibangun pemerintah untuk menampung para atlet peserta Asian Games 2018.

Komplek wisma yang terdiri dari 10 tower dengan total 7.426 unit, rencananya juga akan menjadi rumah isolasi bagi pasien COVID-19. (rid/ang/rst)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Truk Terguling, Lalu lintas Macet

Pohon Tumbang Menutup Jalan Utama Bangkalan Kota

Truk Tabrak Tiang Listrik di Pandaan

Serikat Pekerja Blokir Basuki Rahmat Surabaya

Surabaya
Rabu, 25 November 2020
28o
Kurs