Selasa, 20 April 2021

PT PAL : KM Awu Terakhir Docking 30 Maret, Dimonitoring Tidak Ditemukan ABK Gejala Covid-19

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
KM Awu saat bersandar di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya pada tahun 2015 lalu. Foto: Dodi suarasurabaya.net

PT PAL Indonesia (Persero) mengklarifikasi pernyataan Nyono Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jatim yang menyebutkan bahwa Kapal Motor (KM) Awu milik PT Pelni sedang docking di PT PAL Surabaya.

Utario Esna Putra Kepala Departemen Humas PT PAL Indonesia (Persero) menjelaskan, KM Awu memulai pelaksanaan pekerjaan Floating Repair and Docking (FRD) di PT PAL Indonesia (Persero) tanggal 2 Maret 2020 sampai dengan 30 Maret 2020. Serah terima kapal diwakili oleh Kepala Cabang PT PELNI cabang Surabaya dan Kepala Divisi Harkan PT PAL Indonesia (Persero).

“KM Awu terakhir berada di dermaga kami di Koarmada II Surabaya pada 30 Maret 2020,” ujarnya kepada suarasurabaya.net, Rabu (20/5/2020).

Sementara pada Minggu (17/5/2020), Nyono memberikan keterangan pers di Grahadi bahwa 16 orang di antara 90 anak buah kapal (ABK) KM Awu milik PT Pelni, yang sedang docking di PT PAL Surabaya, dinyatakan positif terjangkit Covid-19.

Utario memaparkan, sejak 4 Maret 2020 melalui Pengumuman Direktur SDM dan Umum, PT PAL Indonesia (Persero) telah melaksanakan protokol kesehatan untuk memastikan kesehatan dan keamanan di lingkungan PT PAL Indonesia (Persero) seperti pemantauan suhu tubuh setiap karyawan, mitra kerja, dan pengunjung menggunakan thermal scanner sebelum memasuki lingkungan PT PAL Indonesia (Persero).

Pelaksanaan Protokol Kesehatan dan disinfektasi di lingkungan PT PAL Indonesia
(Persero). Foto : PT PAL

Selama pelaksanaan proyek FRD KM Awu, pengecekan suhu tubuh bagi ABK maupun pekerja dilaksanakan secara berlapis. Pertama di pintu masuk PT PAL Indonesia (Persero), kedua ketika memasuki KM Awu dilaksanakan oleh PT PELNI.

“Selama kegiatan screening dan monitoring tidak diketemukan gejala Covid-19 baik pada karyawan PT PAL Indonesia (Persero), ABK KM Awu, maupun mitra kerja,” kata Utario.

Upaya lain yang dilakukan oleh PT PAL Indonesia (Persero) untuk mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan PT PAL Indonesia (Persero) adalah penyemprotan disinfektan secara berkala setiap hari di kantor, fasilitas produksi, dan fasilitas umum. Selain itu juga dilakukan penyemprotan disinfektan kepada seluruh karyawan yang akan memasuki PT PAL Indonesia (Persero).

Pelaksanaan protokol kesehatan di lingkungan PT PAL Indonesia (Persero). Foto : PT PAL

PT PAL Indonesia (Persero) juga menyediakan hand sanitizer di setiap sudut kantor, ruangan tiap Divisi hingga Departemen, Fasilitas Produksi yang biasa diakses oleh karyawan serta menyediakan APD seperti masker dan sarung tangan steril bagi karyawan yang berhubungan langsung dan intens dengan orang lain seperti Satuan Keamanan dan Ketertiban serta K3LH.

Selain itu PT PAL Indonesia (Persero) juga melaksanakan kegiatan sosialisasi pencegahan Covid-19, pemberian extra voeding susu kemasan siap minum, vitamin C dan suplemen kepada seluruh karyawan PT PAL Indonesia (Persero).(iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Asap Kebakaran Semolowaru

Kecelakaan di Lawang

Truk Bermasalah di Trosobo

Eh Eh, Capek. Istirahat Dulu

Surabaya
Selasa, 20 April 2021
31o
Kurs