Senin, 1 Maret 2021

Satgas Covid-19 Menyebut Angka Kesembuhan Meningkat Cukup Signifikan

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Wiku Adisasmito Juru Bicara Satgas Covid-19. Foto: Biro Pers Setpres

Wiku Adisasmito Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 mengatakan, jumlah pasien yang sembuh dari hari ke hari terus bertambah.

Dalam tiga pekan terakhir, ada penambahan angka kesembuhan yang cukup signifikan.

Berdasarkan data Satgas Covid-19, sampai Selasa (25/8/2020) siang, total pasien yang sembuh mencapai 112.867 orang.

Wiku bilang, jumlah pasien sembuh hampir mendekati kasus positif yang per hari ini mencapai 157.859 orang.

Bahkan, Wiku mengungkapkan, kemarin ada 3.560 pasien yang sembuh di seluruh Tanah Air, dalam satu hari.

Jumlah itu merupakan prestasi, karena tercatat sebagai yang tertinggi sejak wabah penyakit itu terdeteksi di Indonesia, awal Maret 2020.

Dalam keterangan pers tadi sore, di Kantor Presiden, Jakarta, Wiku menyebut beberapa faktor yang mendukung peningkatan kesembuhan pasien Covid-19.

Faktor pertama, berjalannya sistem pelaporan dan transparansi publik.

Yang kedua, dia menegaskan adanya peningkatan kualitas penanganan pasien oleh para tenaga kesehatan (nakes) serta dukungan fasilitas kesehatan (faskes).

Menurutnya, para dokter dan perawat di berbagai fasilitas kesehatan dan rumah sakit, sudah banyak belajar menangani kasus Covid-19.

“Ini menunjukkan prestasi, pertama dari sistem pelaporan dan transparansi publik. Kedua dari upaya yang dilakukan oleh nakes dan faskes sehingga kasus-kasus yang ditangani makin lama makin baik. Karena semua nakes, semua faskes, termasuk RS, belajar dari kasus ini, dan makin lama makin baik sehingga hasilnya makin baik,” ucapnya.

Ketua Tim Pakar Satgas Covid-19 itu, kemudian mengajak seluruh masyarakat memberikan semangat untuk para tenaga ahli kesehatan yang berjuang keras menyembuhkan pasien.

“Kita harus memberikan spirit yang positif dan penuh kepada nakes karena mereka adalah orang-orang yang menyelamatkan saudara-saudara kita yang menderita Covid-19,” tegasnya.

Dokter Wiku juga berharap, tren kesembuhan di seluruh wilayah Indonesia terus meningkat dan kasus baru Covid-19 semakin berkurang. (rid/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Berlubang dan Berkubang

Kebakaran Rumah di Wonosari Surabaya

Truk Tabrak Warung di Sidoarjo

Truk Terguling di Prigen

Surabaya
Senin, 1 Maret 2021
27o
Kurs