Senin, 29 April 2024

Sekretariat Presiden Kembalikan Naskah Asli Teks Proklamasi ke ANRI

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Prosesi pengembalian Naskah Asli Teks Proklamasi dari pihak Sekretariat Presiden kepada ANRI, di Gedung ANRI, Jakarta, Selasa (18/8/2020). Foto: Biro Pers Setpres

Sekretariat Presiden mengembalikan Naskah Asli Teks Proklamasi tulisan tangan Ir. Soekarno Sang Proklamator, kepada Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

Dokumen bersejarah tersebut sempat dipinjam untuk dihadirkan pada Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (17/8/2020).

“Alhamdulillah, hari ini, kami bisa menyerahkan kembali secara utuh kepada ANRI Naskah Proklamasi yang kami pinjam sementara untuk keperluan pelaksanaan HUT ke-75 Kemerdekaan Indonesia. Naskah Proklamasi ini merupakan dokumen sejarah sangat berharga, punya nilai sejarah yang sangat luar biasa, yang harus tetap kita jaga,” kata Ucu Kepala Biro Administrasi Sekretariat Presiden, di Gedung O, ANRI, Jakarta, Selasa (18/8/2020).

Naskah Teks Proklamasi tersebut dibawa dari tempat penyimpanan di Istana Merdeka menuju ANRI untuk kemudian dilakukan serah terima.

Proses pengembalian dilakukan oleh Ucu kepada Imam Gunarto Sekretaris Utama ANRI, dan disaksikan pejabat pimpinan tinggi madya ANRI serta Agus Santoso Direktur Pengolahan ANRI.

Sebelum dikembalikan, tim dari laboratorium ANRI terlebih dahulu melakukan verifikasi keaslian naskah tersebut.

“Alhamdulillah tadi setelah dilakukan proses pengujian oleh tim dari laboratorium ANRI, naskah yang kami kembalikan berarti benar-benar asli naskah awal yang semula kami bawa ke Istana. Artinya, kami di Istana semuanya bisa menjaga dokumen bersejarah itu dengan baik dan sebagaimana harusnya,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Imam juga menyampaikan apresiasi kepada pihak Istana Kepresidenan yang telah memamerkan arsip Teks Proklamasi tulisan tangan asli Bung Karno pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

“Kami atas nama Arsip Nasional dan Komunitas Kearsipan Nasional menghaturkan terima kasih atas kepercayaan pemerintah untuk bisa memamerkan arsip teks proklamasi yang asli dalam peringatan yang sangat penting bagi negara kita,” katanya.(rid/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs