Senin, 30 November 2020

Tips Supaya Masyarakat Terhindar Covid-19 Selama Libur Panjang

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Reisa Broto Asmoro Juru Bicara Satgas Covid-19. Foto: Istimewa

Pemerintah kembali mengingatkan masyarakat tetap waspada terhadap penularan Covid-19, pada masa libur panjang akhir pekan ini.

Sebagai upaya pencegahan, Satgas Penanganan Covid-19 menyampaikan beberapa tips pencegahan mandiri yang bisa dilakukan masyarakat supaya aman dari Covid-19.

Reisa Broto Asmoro Juru Bicara Satgas Covid-19 memprediksi, pekan ini produktivitas masyarakat lebih tinggi karena hari kerja lebih singkat.

Mulai besok, 28 Oktober sampai 1 November mendatang, sudah masuk cuti bersama dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

“Ingat, berlibur itu baik, tetapi harus tetap bertanggung jawab pada kesehatan. Lindungi diri, lindungi orang lain, lindungi negeri,” ujarnya di Jakarta, Senin (26/10/2020).

Menurutnya, masyarakat bisa manfaatkan cuti bersama untuk meluangkan lebih banyak waktu berkumpul bersama keluarga di rumah, atau menambah jadwal olahraga.

Selain itu, libur panjang juga bisa dimanfaatkan untuk menekuni hobi, atau bisa juga digunakan untuk lebih banyak beristirahat.

Tapi, untuk masyarakat yang sudah merencanakan liburan, memilih staycation atau atau ada agenda penting di luar rumah yang tidak bisa ditunda, Satgas Covid-19 menyampaikan beberapa hal penting.

Pertama, pastikan anggota keluarga dalam kondisi yang sehat. Kedua, untuk yang bepergian dan menginap, pilih hotel dan akomodasi yang menerapkan standar kesehatan tinggi.

Ketiga, hindari kontak fisik dengan orang lain yang tidak jelas kondisi kesehatannya. Maka dari itu, Satgas Covid-19 meminta masyarakat menghindari tempat yang banyak kerumunan orang.

Tips keempat, Dokter Reisa mengingatkan masyarakat pilih akomodasi yang punya sirkulasi udara baik, dan selalu menerapkan protokol kesehatan keluarga di mana pun berada. (rid/ang/iss)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan L300 Tabrak Pembatas Tol Sumo

Hujan Deras di Balonggebang Nganjuk

Kemacetan di Perak Barat

Surabaya
Senin, 30 November 2020
26o
Kurs