Sabtu, 20 April 2024

Ubah Pola Pikir dan Perilaku untuk Sambut New Normal

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi.

Pinky Saptandari Ketua Umum Badan Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial (BK3S) Provinsi Jawa Timur mengatakan bahwa masyarakat perlu mengubah pola pikir dan perilaku untuk menyambut tatanan kehidupan baru yang marak disebut sebagai new normal.

“Kita tidak bisa sepenuhnya kembali seperti sebelum pandemi,” ujarnya kepada Radio Suara Surabaya, Senin (18/5/2020).

Seharusnya, masyakarat sudah belajar dari pengalaman sejak awal kemunculan pandemi Covid-19. “Sejak Maret sampai Mei kita sudah berlatih memakai masker, cuci tangan, jaga jarak, dan sebagainya. Latihan ini nantinya kita praktekkan di era new normal, saat kita sudah beraktivitas kembali, tapi dengan cara yang berbeda dengan sebelumnya,” kata Pinky.

Nantinya, semua orang harus dibiasakan menerapkan protokol kesehatan seperti mencuci tangan, memakai masker, dan lain sebagainya. “Perilaku hidup bersih harus diterapkan di mana saja. Bekal anak ke sekolah bukan hanya makanan, tapi juga hand sanitizer, masker, sampai sapu tangan atau handuk kecil untuk mengeringkan tangan sesudah cuci tangan,” ujarnya.

Masyarakat harus bekerja sama untuk saling mengingatkan. Setelah menjadi kebiasaan, maka akan ada perubahan perilaku di masyarakat ke depannya.(iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
32o
Kurs