Jumat, 26 April 2024

10 Perguruan Tinggi Berkolaborasi dalam Buku “Persembahan Unitomo untuk Negeri”

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Dian Ferriswara saat mengikuti webinar dalam peluncuran buku Persembahan Unitomo untuk Negeri. Foto: Humas Unitomo

Unitomo Press menerbitkan buku “Persembahan Unitomo untuk Negeri” hasil kolaborasi 10 perguruan tinggi untuk menginspirasi mahasiswa dan generasi muda Indonesia.

Buku itu dirilis dalam webinar bertema Penulisan Book Chapters dan Diseminasi BC Metode Riset Akuntansi Multiparadigma.

Webinar diikuti sekitar 300 peserta, dibuka oleh Siti Marwiyah Rektor Unitomo.

Iyat, sapaan akrab Siti Marwiyah, menyampaikan, kegiatan ini sangat bagus untuk memicu peserta dalam menyusun buku ilmiah.

“Ke depan, semoga makin banyak karya-karya yang bisa dipersembahkan, sehingga Unitomo Press makin kaya dengan karya bersifat ilmiah seperti ini,” kata Iyat, Jumat (20/8/2021).

Dian Ferriswara Direktur Unitomo Press menyampaikan book chapter yang diluncurkan dalam webinar merupakan kolaborasi dari berbagai perguruan tinggi.

Buku ini berisi 10 bab yang secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi empat bagian.

Bagian pertama, terdiri dari satu bab menawarkan penggunaan metode posmodernisme yang menggunakan budaya Jawa dalam riset.

Bagian kedua, terdiri dari empat bab yang menguraikan tentang metode riset yang menggunakan berbagai aliran dalam paradigma kritis.

“Bagian ketiga, satu tulisan tentang metode fenomenologi yang merupakan satu di antara aliran dalam paradigm interpretif. Terakhir, bagian keempat berisi empat bab menjelaskan metode penelitian akuntansi dalam paradigma positivism,” kata Dian Ferriswara.

Dian bilang, kegiatan webinar ini menghadirkan seluruh penulis book chapter sebagai narasumber untuk menjelaskan masing-masing bab yang ada di dalamnya.

Beberapa narasumber di antaranya Lilik Purwanti, Direktur Keuangan dan Akuntansi Badan Usaha Akademik (BUA) Universitas Brawijaya; Hamidah, Ketua Badan Pengawas Internal Universitas Airlangga; Nur Sayidah, Wakil Rektor IV Unitomo; Sri Pujiningsih, Ketua Editor Jurnal Akuntansi Aktual yang dikelola oleh program studi Akuntansi Universitas Negeri Malang; Anantawikrama Tungga Atmadja, Guru Besar Universitas Pendidikan Ganesha; Darwis Lannai, Ketua Audit Mutu Internal Universitas Muslim Indonesia (UMI); Haryanto, Tenaga Ahli Keuangan Daerah Sumbawa Besar NTB; Syamsuri Rahim, Wakil Dekan III FEB-UMI; Zaki Baridwan, Ketua Program Studi Pendidikan Profesi Akuntan Universitas Brawijaya (UB); dan Wita Ramadhanti, Pelayanan Masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM).(tok/iss/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
25o
Kurs