Senin, 4 Juli 2022

Unitomo Gelar Dzikir dan Sholawat di Dies Natalis Unitomo ke-40 dan HUT ke-76 RI

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Siti Marwiyah Rektor Unitomo saat memberikan sambutan pada gelar sholawat dan dzikir, Selasa (17/8/2021). Foto: Humas Unitomo

Gelaran Dies Natalis Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) ke-40, sekaligus mensyukuri 76 Tahun Indonesia Merdeka, Unitomo Berdzikir dan Bersholawat juga menyambut mahasiswa baru tahun akademik 2021/2022 secara daring melalui link zoom dan Youtube.

Segenap sisvitas akademika Unitomo hadir pada acara virtual yang menghadirkan Sandiaga Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur, Suprapto Kepala L2Dikti Wilayah 7, Gus Miftah Pimpinan Ponpes Ora Aji Sleman Yogyakarta, Sugiri Sancoko Bupati Ponorogo, serta Ustadz Muzakki Al Hafidz, Imam Besar Masjid Al Akbar Surabaya.

Siti Marwiyah Rektor Unitomo membuka acara dan menjelaskan tujuan acara ini adalah sebagai rasa syukur sivitas Unitomo serta sebagai sarana doa bersama khusus untuk keselamatan civitas akademika dan bangsa Indonesia pada umumnya.

“Pandemi Covid-19 telah membawa dampak buruk bagi sektor perekonomian Indonesia yang dampaknya juga pada dunia pendidikan khususnya di Unitomo. Untuk itu Unitomo mengajak ber ikhtiar bathin dalam upaya mengetuk pintu langit agar Allah SWT mengangkat pandemi Covid-19 dari bumi Indonesia dan juga di Unitomo khususnya,” terang Siti Marwiyah, Selasa (16/8/2021).

Sejalan dengan Rektor Unitomo, Sandiaga Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI dalam sambutannya juga mengapresiasi pelaksanaan kegiatan dzikir dan sholawat kali ini yang menurutnya super keren dalam upaya ikhtiar menyikapi dampak Covid-19 yang Insyaallah penuh dengan keberkahan. “Saya berharap dengan momentum dzikir dan sholawat ini dapat meningkatkan rasa kebersamaan dan silahturahmi antar kita umat Islam,” ujar Sandi.

Menurut Sandi musibah pandemi Covid-19 ini tidak terasa sudah 1,5 tahun menimpa bangsa Indonesia. Dan dalam 2 bulan terakhir ini perkembangan pandemi sangat pesat sehingga pemerintah berupaya menekan lajunya menyebaran pandemi Covid-19 ini dengan melaksanakan perpanjangan PPKM level 4.

“Justru saya mengajak kepada seluruh keluarga besar Unitomo agar secara lahiriah selalu mentaati aturan PPKM dan patuh menjalankan protokol 3M dan 5M serta vaksinasi. Dan saya sangat mengapresiasi peran Unitomo yang sudah turut serta menggalakkan program vaksinasi. Saya berharap Unitomo kedepan dapat dijadikan sentra vaksinasi di Surabaya,” tambah Sandi.

Acara puncak adalah pembacaan Sholawat Likhomsatun dan Nariyah serta Sholawat Asghil yang di laksanakan serempak oleh tim dosen, mahasiswa dan alumni Unitomo. Berlanjut dengan tausiyah dan sholawat KH. Miftah Maulana Habiburrohman atau biasa disapa Gus Miftah diikuti oleh lantunan lagu religi Astaghfirullah Robbal Baroya oleh Sugiri Sancoko Bupati Ponorogo yang juga alumni Unitomo.

Rangkaian acara Unitomo Berdzikir dan Sholawat diakhiri sambutan penutup dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan doa oleh Ustadz Muzakki Al Hafidz, Imam Besar Masjid Al Akbar Surabaya.(tok/ipg)

Berita Terkait

Surabaya
Senin, 4 Juli 2022
28o
Kurs