Sabtu, 4 Desember 2021

20 Anak Jalani Operasi Bibir Sumbing di Surabaya

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Dinkes Surabaya gelar operasi bibir sumbing gratis di RSUD Dr. Mohamad Soewandhie Surabaya Foto: Antara

Sebanyak 20 orang anak berusia 7-11 tahun yang menderita bibir sumbing di Surabaya menjalani operasi yang digelar dinas kesehatan setempat dalam rangka HUT ke-728 Kota Surabaya.

Febria Rachmanita Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya mengatakan, operasi bibir sumbing itu dilaksanakan di Klinik Bedah Plastik RSUD Dr. Mohamad Soewandhie Surabaya digelar mulai 31 Mei hingga 9 Juni 2021.

“Berdasarkan data yang terkumpul ada 20 orang anak yang dioperasi itu. Mereka terdiri dari warga Surabaya dan satu orang dari luar kota,” kata Febria dalam keterangan tertulis, Selasa (1/6/2021).

Sebelum tindakan operasi dilakukan, pasien wajib melakukan berbagai persiapan, mulai dari screening hingga pemeriksaan penunjang lainnya. Sedangkan untuk pelaksanaan operasi dilakukan secara bertahap.

Selain itu, ia menghitung, dalam sehari ada lima orang pasien yang menjalani operasi bibir sumbing. “Alhamdulillah, kemarin (31/5/2021) ada lima yang sudah dioperasi. Selanjutnya dilakukan secara bertahap hari ini sampai 8 Juni 2021,” ujarnya.

Febria bercerita, ada salah satu pasien berusia 7 tahun yang seharusnya sudah bersekolah, namun anak tersebut tidak mau bersekolah lantaran malu dengan teman-temannya. Akhirnya, kata dia, petugas Dinkes merayu anak itu agar mau dioperasi.

Hasilnya, lanjut dia, upaya itu menuai respon positif, pasien bersedia untuk operasi bibir sumbing. “Mudah-mudahan tahun ajaran ini dia bisa sekolah,” ujarnya.

Menariknya, fasilitas itu tidak hanya diperuntukkan bagi warga Kota Pahlawan saja, tetapi warga luar Surabaya pun diperbolehkan untuk mendaftar.

Oleh sebab itu, berulang kali ia menegaskan apabila ada warga yang membutuhkan fasilitas itu, segera mendatangi Klinik Bedah Plastik RSUD Dr. Mohamad Soewandhie Surabaya.

“Warga Surabaya bisa memanfaatkan fasilitas Universal Health Coverage (UHC). Sementara bagi warga non-Surabaya, kami dapat bantuan dari yayasan perhimpunan dokter bedah plastik untuk luar kota,” ujarnya.

Terkait kuota pasien, ia memastikan tidak membatasi jumlah peserta. Ia berharap, masyarakat yang membutuhkan pelayanan fasilitas itu, bisa memanfaatkannya dan segera mendaftar di Klinik Bedah Plastik RSUD Dr. Mohamad Soewandhie Surabaya.

“Apabila sudah lewat tanggal 9 Juni 2021, pasien tidak hanya untuk anak-anak saja, tetapi dewasa pun juga bisa ikut mendaftar. Kami akan layani. Silahkan datang ke Klinik Bedah Plastik RSUD Dr. Mohamad Soewandhie,” katanya.(ant/frh)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Suasana Unjuk Rasa Melewati Basra

Surabaya
Sabtu, 4 Desember 2021
32o
Kurs