Jumat, 26 April 2024

Bantu Penyidikan Epidemiologi dan Surveilans, Mahasiswa Unusa Ikut Pencegahan Covid-19

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Para mahasiswa prodi Kesehatan Masyarakat Unusa saat melakukan praktek di Bandara Internasional, Juanda. Foto: Humas Unusa

Membantu Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) penyidikan epidemiologi dan surveilans bagi pelaku perjalanan internasional di Bandara Internasional Juanda, Surabaya, 12 mahasiswa prodi Kesehatan Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) langsung ambil bagian pencegahan Covid 19.

Dwi Handayani Kaprodi S1 Kesehatan Masyarakat Unusa menjelaskan, 12 mahasiswa ini akan membantu penyidikan epidemiologi dan surveilans bagi pelaku perjalanan internasional di Bandara Internasional Juanda Surabaya. Kegiatan ini berlangsung selama 12 hari, mulai 1-12 April 2021. Hal ini dilakukan sebagai upaya pemerintah menekan angka penyebaran virus corona yang masuk ke Indonesia.

“Kegiatan ini sebagai langkah baru bagi mahasiswa, karena telah terjun langsung di masyarakat dalam penanganan Covid-19,” terang Dwi Handayani, Jumat (9/4/2021).

Mahasiswa bertugas dalam membantu proses pengumpulan data atau input data individu para pelaku perjalanan internasional ke dalam sistem informasi surveilans. “Kegiatan pengumpulan data ini dilakukan sebagai screening awal sebelum dilakukan tes swab di Bandara Juanda Surabaya,” jelas Dwi.

Dwi berharap para mahasiswa bisa memanfaatkan moment ini sebagai praktik dan implementasi materi pembelajaran selama ini. “Mereka bisa berkontribusi menangani penyebaran virus covid-19,” kata Dwi.

Pemilihan 12 mahasiswa ini setelah mereka melalui tahap kesediaan sebagai relawan. “Selain itu ada persyaratan yang mengharuskan persetujuan dari kedua orang tua,” papar Dwi.

Plt. Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas 1 Surabaya, dr. Acub Zaenal, MPH menyambut baik adanya bantuan dari mahasiswa prodi S1 Kesehatan Masyarakat Unusa dalam penanganan penyebaran Covid-19 yang telah dicanangkan Satgas Covid-19. “Kami melakukan pencegahan awal untuk mengantisipasi penyebaran virus corona,” ujar Acub sapaan Acub Zaenal.

Acub menjelaskan, saat ini penerbangan dari luar negeri sangat meningkat di Bandara Internasional Juanda. “Di tengah pandemi seperti saat ini, kami harus bisa mengantisipasi masuknya virus corona dari luar negeri,” pungkas Acub.(tok/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs